Semarang (ANTARA News) - Dua pemain PB Djarum Kudus berhasil lolos ke babak utama kejuaraan bulu tangkis "Bulgarian International" di Sofia, Bulgaria, setelah mengalahkan lawannya pada babak kualifikasi.

Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin ketika dihubungi di Semarang, Jumat, menyebutkan, Thomi Azizan Mahbub dan Kho Henrikho Wibowo yang merupakan pebulu tangkis kelompok taruna tersebut melangkah ke babak utama dan bakal bertemu lawan yang cukup berat pada babak pertamanya.

Thomi melangkah ke babak utama setelah pada babak kualifikasi mengalahkan Vladimir Shishkov (Bulgaria), 21-15 dan 21-15 kemudian mengalahkan Igor Bjelen (Serbia), 21-15 dan 21-7, dan terakhir mengalahkan pebulu tangkis Turki, Emre Vural dengan angka 21-10 dan 21-11.

Sementara itu Kho Henrikho Wibowo mendapat bye pada babak pertama dan pada babak kedua mengalahkan tunggal putra Yunani, Georgios Charalambadis dengan angka 21-15 dan 21-9 kemudian mengalahkan pemain Inggris Joshua Green dengan angka 21-10 dan 21-13.

Pada babak utama. Thomi Azizan Mahbub, kata Yoppy, akan menantang unggulan kelima dari Finlandia Ville Lang yang menjai juara di Estonia International 2011 dan runner up di Dutch International 2011. "Pemain Finlandia ini pernah dikalahkan Andre Kurniawan tetapi yang bersangkutan juga pernah mengalahkan Dionysius Hayom Rumbaka," katanya.

Menurut dia, menghadapi Ville Lang ini, Thomi harus bisa mengatur irama permainan karena pemain Finlandia ini memiliki fisik yang kurang bagus. "Dalam setiap pertandingan Ville Lang sering mengulur-ulur waktu dan ini yang harus dimanfaatkan oleh Thomi," katanya.

Jika menang lawan Ville Lang, Thomi Azizan bakal menghadapi pemenang antara Christian Boesiger (Swiss) melawan Blagovest Kisyov (Bulgaria).

Jika menang, Thomi akan menghadapi pebulu tangkis berpengalaman Dmytro Zavadsky (Ukraina) yang menjadi runner up di kejuaraan bulu tangkis Kharkov International dan Austrian International Challenge di babak perempat final kejuaraan berhadiah total 15 ribu dolar Amerika Serikat.

Sementara itu Kho Henrikho Wibowo pada babak pertama akan bertemu Petr Koukal (Republik Ceko) yang menjadi juara di Slovak Open 2011 dan runner up di Czech International 2011. "Petr Koukal adalah pemain yang baru saja mengalami cedera dan dia baru akan bangkit," katanya.

Jika menang Kho akan bertemu pemenang unggulan ketujuh dari Jerman, Tan Yuhan melawan Valeriy Atrashchenkov (Ukraina) yang menjadi runner up di Brazil International 2011. Jika mampu melewati Tan, Kho akan menghadapi pebulu tangkis kuat di babak perempat final antara Tan Chun Seang (Malaysia) atau Hsu Jen Hao (China Taipe).

"Perasaan saya kedua pebulu tangkis tersebut bisa melewati rintangan pertama dan akan melaju ke babak selanjutnya," katanya.

(U.H015/B015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011