Perlu dilakukan percepatan vaksinasi sebelum periode mudik Lebaran.
Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mengatakan siap membantu menggencarkan kembali vaksinasi COVID-19 menjelang bulan suci Ramadhan.

"Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri selain melakukan pengamanan kami juga perlu melakukan pencegahan persebaran COVID-19, salah satunya dengan menggencarkan vaksinasi," ujar Irjen Pol Hendro Sugiatno, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, dengan adanya pernyataan mengenai persyaratan mudik harus melakukan vaksin penguat (booster), maka perlu dilakukan percepatan vaksinasi sebelum periode mudik Lebaran.

"Seperti yang telah dikatakan pemerintah pusat kalau mudik harus sudah booster, jadi kami harus menggencarkan kembali. Sebab posisi Lampung saat ini untuk vaksin dosis tiga baru 4 persen, dosis pertama 89 persen, dan dosis kedua sebesar 68 persen," katanya pula.

Dia melanjutkan, perlu pula bantuan dari berbagai pihak untuk kembali meningkatkan keinginan masyarakat untuk ikut serta dalam vaksinasi.

"Saat ini memang masih menunggu kebijakan selanjutnya, tetapi dengan adanya persyaratan vaksin booster ini jadi tanggung jawab kita bersama untuk membuat masyarakat mau divaksin," ujarnya lagi.

Menurutnya, dalam sepekan terakhir pelaksanaan vaksinasi di Lampung baru bertambah 1 persen, sehingga perlu dorongan dari pihak terkait untuk pelaksanaan vaksinasi.

"Dan seminggu ini peningkatan vaksinasi di Lampung baru 1 persen ini masih lambat. Untuk dosis kedua dan ketiga peningkatan baru 1 persen perlu sekali bantuan semua pihak agar masyarakat cepat bisa divaksin," katanya pula.

Menurutnya, untuk tetap menjaga tren penurunan kasus COVID-19, pihaknya juga akan terus berupaya menjaga penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.
Baca juga: IDI Lampung: Vaksinasi penguat syarat mudik upaya lindungi masyarakat
Baca juga: Dinkes Bandarlampung: Penerima vaksinasi penguat capai 104 ribu orang

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022