Ada perbedaan besar antara penampilannya dengan anggapan orang selama ini. Ia selalu tampil mengesankan dan tidak ceroboh. Ia bekerja keras dan konsisten dalam latihan. Ia 100 persen sebagai pemain sepak bola profesional,"
Moskow (ANTARA News) - Kapten Rusia Andrei Arshavin menyatakan siap bersinar pada babak final Euro 2012 sebagai jawaban atas kritik yang menyatakan hatinya tidak bersama tim nasional.

Rusia mengalahkan Slovakia 1-0 Jumat dan hanya butuh hasil tidak kalah lawan Andorra Selasa, untuk mendapatkan tempat di babak final di Polandia dan Ukraina musim panas mendatang.

Bintang Arsenal Arshavin belakangan ini mengalami beberapa masalah karena mendapat kritikan atas penampilannya dalam tim nasional dan dalam klubnya.

Tapi ia selama ini kurang bereaksi atas kritikan itu, hanya menyatakan bahwa ia tetap berusaha tampil sebagai mungkin dalam tim nasional dan klubnya.

"Ia mengawali permainan awal musim ini dengan baik," kata pelatih Arsenal Arsene Wenger, " Ia menunjukkan mutunya dalam laga Liga Utama Inggris dalam laga Liga Champions."

"Ada perbedaan besar antara penampilannya dengan anggapan orang selama ini. Ia selalu tampil mengesankan dan tidak ceroboh. Ia bekerja keras dan konsisten dalam latihan. Ia 100 persen sebagai pemain sepak bola profesional," katanya.

Arshavin melakukan debutnya bersama tim nasional Rusia pada 17 Mei 2002, ketika mereka melawan Belarus. Gol internasional pertamanya dalam laga persahabatan melawan Romania pada 13 Februari 2003.

Pelatih Rusia Guus Hiddink menunjuk Arshavin sebagai kapten pada 11 Juni 2009 dan pemilihannya itu disusul pemilihan Dick Advocaat, yang juga melatih Arshavin di Zenit St Petersburg.

Tahun lalu, Arshavin mendapat kritikan tajam dari media Rusia, yang menyatakan ia kurang bernafsu membantu tim nasional.

Tapi tahun ini, pemain berusia 30 tahun itu, menunjukkan kiprah hebat dan siap maju ke babak final Euro 2012.
(A008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011