Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk siap menembus pasar Eropa timur setelah menjalin kerja sama dengan Eximbanka SR yang berkantor pusat di Slowakia.

Kerja sama ini memiliki nilai sangat strategis mengingat neraca perdagangan antara Indonesia dan Slovakia di Eropa Timur terus tumbuh secara signifikan setiap tahun.

"Kondisi ini menjadi potensi cukup besar untuk melakukan transaksi dan kerja sama bidang perekonomian," kata Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo, usai menandatangani nota kesepahaman dengan perwakilan Eximbanka SR.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan antara Dirut BNI Gatot M Suwondo dengan Chairman of the Bank Board and General Director Eximbanka SR Mario Schrenkel, yang disaksikan Menko Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa, dan Presiden Republik Slowakia, Ivan Gasparovic.

Gatot menjelaskan kerja sama antara BNI dengan Eximbanka mencakup berbagai aspek, seperti co-financing, co-insurance, einsurance of export credit risk, pendampingan dan asistensi dalam pengelolaan kredit bermasalah (NPL)sertra pertukaran informasi di bidang perdagangan barang dan jasa.

"Kerja sama dengan Eximbank SR ini juga membuka peluang bagi BNI untuk memasuki pasar Eropa timur, khususnya Slowakia, dan sekaligus memberikan kesempatan bagi nasabah BNI untuk merambah pasar di luar Eropa Barat dan Amerika," katanya. (SSB)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011