Depok (ANTARA) - Empat guru besar dan doktor gigi Universitas Indonesia (UI) meraih gelar kepakaran dari Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) pada Maret 2022.

Keempatnya guru besar tersebut adalah Prof. drg. Risqa Rina Darwita, Ph.D., Prof. drg. Armasastra Bahar, Ph.D., Prof. drg. Anton Rahardjo, M.K.M., Ph.D., dan Prof. drg. Diah Ayu Maharani dikukuhkan di bidang kepakaran Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan, sedangkan satu doktor, yakni Dr. drg. Lisa Rinanda Amir, PBO dikukuhkan sebagai Pakar di Bidang Biologi Oral Kedokteran Gigi. Pemberian gelar kepada keempat guru besar dan seorang doktor FKG UI tersebut dilakukan secara luring di kantor PB PDGI.

Baca juga: Mahasiswa FKG UI raih 8 penghargaan pada kompetisi di Medan

"Pencapaian ini merupakan wujud nyata kontribusi para Guru Besar serta Tenaga Pendidik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab untuk transfer ilmu pengetahuan bagi mahasiswa didiknya, serta seluas mungkin untuk dapat dimanfaatkan di masyarakat," kata Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K).

Ia mengatakan sumbangsih yang terkait keahlian, kemampuan, serta kemahiran para pakar di bidangnya, termasuk dalam menjalankan fungsi sebagai peneliti, untuk menciptakan inovasi di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Keempat guru besar tersebut, merupakan guru besar dari Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan (IKGM-P) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) sedangkan Dr. drg. Lisa Rinanda Amir, PBO adalah Ketua Departemen Biologi Oral FKG UI)

Mereka memperoleh gelar Fellow of Indonesian Soceity of Dental Public Health (FISDPH) – Fellow of Indonesian Society of Preventive Dentistry (FISPD) dari Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) pada Maret 2022.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FKG UI, Dr. drg. Ria Puspitawati, PBO mengatakan dengan bertambahnya empat pakar di bidang Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan (IKGM-P), dan satu pakar di bidang Biologi Oral.

Baca juga: Dua mahasiswa FKG UI raih penghargaan kompetisi internasional

Baca juga: Dini Asrianti raih Doktor FKG UI predikat cumlaude sempurna


"Saya optimistis FKG UI bisa lebih berkiprah dalam mencetak magister di bidang kedokteran gigi komunitas yang akan mengembangkan keilmuannya, salah satunya mendidik masyarakat berperilaku sehat, khususnya sadar dalam melakukan pencegahan terhadap terjadinya penyakit gigi dan mulut. Selain itu, juga magister di bidang Kedokteran Gigi Dasar yang akan mengembangkan ilmu Kedokteran Gigi Dasar yang bermanfaat untuk masyarakat luas," katanya.

Selain itu, juga berperan aktif dalam penerbitan kebijakan esensial untuk meningkatkan kesehatan gigi masyarakat, sekaligus pencegahan berbagai masalah utama di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022