Simpang Empat (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berkoordinasi dengan Pemkab Pasaman Barat dan Pasaman mengupayakan agar semua pengungsi terdampak gempa bisa menempati hunian sementara (huntara) sebelum Lebaran 1443 Hijriah.
 
"Kita harus pastikan lagi datanya, berapa yang sudah dapat huntara, berapa yang belum. Pemkab Pasaman dan Pasaman Barat diharapkan bisa bergerak cepat. Anggarannya akan kita bantu dari provinsi atau sumber lain yang memungkinkan," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di Pasaman, Selasa.
 
Ia mengatakan itu usai berdialog dengan warga Nagari Kajai dan Timbo Abu Ateh Kecamatan Talamau, Pasaman Barat yang masih bertahan di pengungsian.
 
Audy mengatakan sejumlah pihak yang peduli dengan nasib pengungsi sudah turun langsung membantu membangun huntara bagi masyarakat.
   
Pemerintah daerah juga sudah mengupayakan bantuan huntara bagi korban gempa tersebut. Namun hingga saat ini masih ada korban yang tinggal di pengungsian dan harus segera ditangani.
 
Huntara yang dibangun dengan ukuran 4x6 meter menurutnya cukup untuk sementara, asalkan masyarakat bisa lebih nyaman beristirahat. Sementara untuk hunian tetap akan diupayakan pula secepatnya.
 
Dalam kesempatan itu Audy juga menyerahkan bantuan kepada pengungsi berupa minyak goreng sebanyak 50 dus, minuman sehat dari Cimory sebanyak 250 kotak, dan ratusan mainan untuk anak-anak yang berada di pengungsian.
 
"Kita juga menyerahkan bantuan dari Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua sebanyak Rp27 juta. Mudah-mudahan bermanfaat bagi keluarga disini," ucapnya.
 
Bantuan IKM juga bisa digunakan untuk membangun Huntara (Hunian Sementara) ukuran 4x6 bagi korban terdampak gempa.
 
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mengatakan segera bergerak mencari lokasi yang terbaik untuk membangun huntara bagi pengungsi.
 
Ia menyebut situasi sekarang mulai terkendali. Jembatan yang putus sudah diperbaiki, posko bantuan dan dapur umum menyediakan bantuan, makanan, obat-obatan, tempat tidur, untuk kebutuhan warga disini sudah terpenuhi.***3***

Baca juga: AHY serahkan bantuan hunian sementara untuk korban gempa Pasaman
Baca juga: Bawaslu RI serahkan bantuan kepada korban gempa di Pasaman Barat
Baca juga: Asuransi korban gempa di Pasaman Barat belum juga cair

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022