Jakarta (ANTARA) - Blibli melalui program Cinta Bumi "Surabaya X Beauty", telah mengumpulkan 17.000 sampah kosmetik, terdiri 12.000 kemasan produk kecantikan serta hampir 5.000 kardus produk untuk didaur ulang.

"Blibli berterima kasih atas antusiasme yang luar biasa dari pengunjung, ini menjadi motivasi lebih bagi Blibli untuk memperluas dampak positif kampanye Blibli Cinta Bumi, sekaligus mengajak lebih banyak masyarakat agar menjaga lingkungan dan menjalankan gaya hidup eco-friendly secara menyeluruh dan berkelanjutan,” ujar Yolanda Nainggolan, VP Public Relations Blibli dalam siaran pers, Rabu.

Baca juga: Ramah lingkungan, serum kosmetik ini dikemas dalam botol kertas

Keterlibatan Blibli Cinta Bumi dalam Surabaya X Beauty merupakan wujud konsep ESG (Environmental, Social, Governance) untuk bisnis e-commerce yang berkelanjutan. Upaya itu menjadi penting demi memastikan kegiatan bisnis perusahaan dapat bermanfaat untuk pemberdayaan berbagai aspek-aspek yang termasuk dalam ESG.

Jika diterapkan secara strategis, prinsip ESG dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas operasional, sehingga perusahaan bisa terus tumbuh secara berkelanjutan, baik dari segi bisnis maupun terhadap komponen di dalam ESG.

Blibli Cinta Bumi menghadirkan tiga lokasi drop box bagi pengunjung untuk menaruh kemasan kosong kosmetik. Pengunjung mendapatkan insentif berupa token bermain games dengan hadiah produk dan alat kecantikan. Seluruh sampah kosmetik akan diolah kembali menjadi barang baru bersama mitra-mitra Blibli dengan melibatkan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi, sesuai konsep ESG.

Saat ini, Blibli memiliki Cinta Bumi Collection Boxes di berbagai lokasi di Jabodetabek untuk mengumpulkan sampah kardus dan plastik, serta mendorong pelanggan dan karyawan untuk mengumpulkan kardus dan plastik melalui kurir BES sebagai agen pengumpul sampah saat mengantar produk.

Selain itu, tiap 10 kardus yang dikumpulkan memiliki nilai 1 pohon yang akan Blibli tanam ke depannya. Upaya penanaman pohon sudah dimulai sejak 2021 melalui penanaman 1.000 pohon di Rembang, Jawa Tengah, yang dilakukan bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) dan pemerintah setempat.

Blibli juga siap melanjutkan kolaborasinya bersama Female Daily selaku penyelenggara Surabaya X Beauty dengan hadir di acara Jakarta X Beauty yang digelar pada Juli 2022.


Baca juga: Tampil cantik dengan kosmetik berbahan organik ramah lingkungan

Baca juga: Kemasan isi ulang ramah lingkungan untuk lindungi bumi

Baca juga: Cara Konscio Studio upayakan fesyen ramah lingkungan

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022