Gorontalo (ANTARA News) - Sejumlah duta besar (dubes) negara-negara sahabat ikut serta menanam pohon di halaman Kantor Gubernur Gorontalo, Rabu.

Penanaman pohon tersebut merupakan bagian dari tur diplomatik Hari Pangan se-Dunia ke-31, serta kampanye penanaman Satu Miliar Pohon di Indonesia.

Sebanyak 15 Dubes dan empat orang dari Konsulat Jenderal (Konjen) bersama sejumlah anggota Praja Muda Karana (Pramuka) yang didampingi Wakil Gubernur Gorontalo, Tony Uloli masing-masing menanam satu pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Kami mengajak seluruh duta besar negara sahabat untuk ikut mengkampanyekan penanaman satu miliar pohon, agar masyarakat juga termotivasi melakukan hal yang sama," kata Wagub.

Menurutnya, perubahan iklim yang terjadi di berbagai belahan dunia, merupakan tanggungjawab seluruh penduduk di tiap negara termasuk Indonesia.

Selain menanam pohon, para dubes tersebut juga mengikuti rangkaian tur diplomatik ke obyek wisata bersejarah Benteng Otanaha, Rumah Adat Dulohupa, sentra ikan tuna dan desa pengrajin kerrawang (kain sulam khas Gorontalo).

Tur diplomatik merupakan bagian dari agenda Hari Pangan Sedunia, yang dipusatkan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Boediono pada Kamis (20/10).

Dubes yang hadir diantaranya berasal dari Venezuela, Meksiko, Irak, Amerika Serikat, Polandia, Belanda, Thailand dan Ekuador.

(T.D015/Y008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011