Jakarta (ANTARA News) - Pendiri dan Kepala Eksekutif Research in Motion (RIM) Mike Lazardis memperkenalkan sistem operasi baru yaitu BlackBerry BBX  yang memadukan kinerja BlackBerry, tablet dan perangkat lainnya dalam acara pengembang BlackBerry.

Seperti dikutip dari Mashable, sistem operasi itu akan menjalankan ponsel BlackBerry dan tablet baru pada tahun depan. Lazardis berjanji OS baru itu akan menggabungkan sistem operasi terbaik QNX (sistem operasi yang menjalankan tablet PlayBook) dan OS BlackBerry (sistem operasi yang menjalankan ponsel pintar BlackBerry pada umumnya).

BBX akan mendukung semua WebWorks HTML5 dan aplikasi yang dirancang untuk perangkat ponsel pintar BlackBerry sekarang, tablet PlayBook BlackBerry (termasuk SDK asli, Adobe AIR / Flash dan WebWorks/HTML5) dan BlackBerry Runtime untuk Android Apps.

Platform itu nantinya juga mendukung game 2D dan 3D, serta aplikasi yang disebut "Super App", yang mengintegrasilan lebih dalam antara aplikasi, layanan Push, Platform BBM Sosial dan banyak lagi.
(Adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011