Berlin (ANTARA News) - Legenda sepakbola Jerman, Gerd Mueller, yakin kalau penyerang Bayern Muenchen, Mario Gomez, dapat mengalahkan rekor 40 gol dalam semusim yang dibukukannya pada 1972.

"Ia (Gomez) punya kapasitas untuk mengalahkan rekorku, tak ada keraguan soal hal itu. Dan saya akan gembira jika dikalahkan oleh seorang pemain Bayern," ucap Mueller yang mendapat julukan `Der bomber` karena produktifitasnya mencetak gol.

Gomez, 26 tahun, menjadi pencetak gol terbanyak Liga Jerman musim lalu, dengan 28 gol. Namun, musim ini Gomez telah mencetak sepuluh gol dari sembilan pertandingan, demikian AFP melaporkan.

Mueller telah menjadi pencetak gol terbanyak Liga Jerman sebanyak tujuh kali. Ia pernah melampui catatan 30 gol untuk semusim selama lima kali. Total Mueller telah membukukan 365 gol dalam 427 pertandingan.

Sejak saat itu, hanya Dieter Mueller yang mampu mencetak lebih dari 30 gol dalam semusim, saat ia membukukan 34 gol untuk Klon pada musim 1976/1977.

Gerd Mueller juga memiliki catatan bagus sebagai pemain Timnas Jerman, dengan torehan 68 gol. Namun Miroslav Klose sedang mendekati catatan tersebut, dengan koleksi 62 gol. Gol ke-62 ia bukukan saat membela Jerman menghadapi Austria di ajang kualifikasi Euro 2012.

Sementara itu Gomez baru menyumbangkan 21 gol bagi Die Mannschaft sampai saat ini. Namun, dengan usia mudanya, ia masih memiliki banyak waktu untuk mendekati catatan baik milik Klose yang telah berusia 33 tahun.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011