Jakarta (ANTARA) - Situasi di sekitar Istana Negara hingga pukul 17.00 WIB terpantau masih kondusif di tengah aksi unjuk rasa BEM SI yang kini terkonsentrasi pada dua titik, yakni Gedung DPR RI dan di sekitar Patung Kuda-Monas.

Berdasarkan pemantauan ANTARA, hingga sekitar pukul 17.00 WIB belum terlihat massa dari mahasiswa di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin.

RI 2 (Wapres Ma'ruf) terpantau meninggalkan Istana Negara sejak pukul 15.14 WIB, lantas menyusul RI 1 (Presiden Jokowi) yang terpantau meninggalkan Istana Negara pada pukul 16.45 WIB.

Baca juga: Mahasiswa demo, TransJakarta alihkan rute di kawasan Monas-DPR/MPR

Baca juga: Kapolri sebut amankan unjuk rasa dari "penyusup"


Saat ini, pergerakan unjuk rasa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) terpusat pada dua titik, yaitu Gedung DPR RI dan wilayah di sekitar Patung Kuda-Monas.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, BEM SI telah menyatakan pemindahan lokasi unjuk rasa, yang semula direncanakan di depan Istana Negara, kini berpindah menuju Gedung DPR.

Terkait situasi demo terkini di DPR, Pimpinan DPR RI Sufmi Dasco, Ahmad, Racmat Gobel, dan Lodewijk F Paulus bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menerima aspirasi ribuan pengunjuk rasa di depan Kompleks Parlemen, Gedung MPR/DPR/DPD.

Sementara itu, perwakilan BEM SI membacakan sejumlah tuntutan di depan pimpinan DPR dan Kapolri.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022