...mata uang bersama Eropa, yang rentan terhadap kekhawatiran tentang kejatuhan ekonomi akibat perang, turun menjadi 1,0821 dolar.
Singapura (ANTARA) - Euro jatuh ke level terendah lima minggu di Asia pada Rabu pagi, sementara mata uang komoditas mendapat dukungan karena prospek perdamaian di Ukraina semakin suram, sementara para pedagang bersiap menghadapi volatilitas dolar Selandia Baru menjelang kenaikan suku bunga yang diharapkan.

Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan negosiasi damai yang terputus-putus sebagai "situasi buntu" semalam dan mata uang bersama Eropa, yang rentan terhadap kekhawatiran tentang kejatuhan ekonomi akibat perang, turun menjadi 1,0821 dolar.

Euro bertahan di dekat level itu di awal perdagangan Asia.

Baca juga: Dolar "rebound", Brainard yakinkan pasar Fed tetap berada di jalurnya

Di tempat lain, momentum kenaikan dolar AS sedikit berkurang menyusul data inflasi AS yang lebih dingin dari perkiraan, yang membuat investor berharap bahwa tekanan harga-harga mungkin telah mencapai puncaknya.

Penurunan bulanan kedua berturut-turut pada harga mobil bekas menahan indeks harga konsumen (IHK) inti ke kenaikan 0,3 persen pada Maret, terhadap kenaikan yang diharapkan 0,5 persen.

Reli yang dihasilkan dalam obligasi, menurunkan imbal hasil AS, memberi yen dorongan singkat. Tapi karena inflasi utama tetap datang pada 8,5 persen yang menggiurkan dan kenaikan suku bunga yang cepat masih membayangi, itu tidak cukup untuk menjatuhkan dolar jauh lebih rendah.

Yen berada di bawah tekanan di 125,47 per dolar, tepat di atas dukungan utama di 125,86. Sterling merosot tepat di bawah 1,30 dolar menjadi 1,2999 dolar pada perdagangan pagi.

Dolar Australia turun dari kenaikan semalam yang dibuat karena melambungnya harga minyak ke 0,7440 dolar AS.

Baca juga: Rupiah melemah tipis dipengaruhi kenaikan imbal hasil obligasi AS

Pertemuan bank sentral Selandia Baru (RBNZ) pada pukul 02.00 GMT adalah acara utama di sesi Asia, menjelang pertemuan bank sentral di Kanada di kemudian hari dan keputusan kebijakan di Singapura dan Eropa akhir pekan ini.

Pertanyaan di Wellington bukanlah apakah RBNZ akan naik, tetapi seberapa besar. Pasar Swap memberi perkiraan peluang hampir 90 persen suku bunga acuan naik 50 basis poin (bps) menjadi 1,5 persen, menyisakan ruang bagi mata uang untuk mendapatkan keuntungan jika kenaikan tersebut dilakukan, tetapi juga rentan terhadap penurunan jika kenaikan lebih kecil dari itu.

"Kami memperkirakan dolar Selandia Baru turun kuat jika RBNZ hanya naik 25 basis poin," kata kepala ekonomi internasional Commonwealth Bank of Australia, Joe Capurso.

"Dolar Selandia Baru/dolar AS mungkin melompat lebih dekat ke 0,7000 dolar AS jika RBNZ naik 50 basis poin dan memberikan pernyataan hawkish tentang kenaikan besar lebih lanjut dalam suku bunga acuan."

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022