Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menargetkan delapan medali emas pada SEA Games Vietnam yang akan berlangsung pada 12-23 Mei.

Ketua Umum PB PASI Luhut B. Pandjaitan mengatakan bahwa timnas sudah mulai mempersiapkan diri untuk mencapai target tersebut.

"Kita target untuk SEA Games nanti di Vietnam delapan medali emas dan ini juga sudah melalui berbagai prediksi, jadi kita doakan saja atlet-atlet kita yang nantinya bertanding," ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Rabu.

Ketua PB PASI Luhut juga menjelaskan terkait pelatih yang akan digunakan Indonesia.

"Untuk pelatih kami sudah siap datangkan pelatih asal Jamaika. Nanti kalau tidak salah bulan Juni mereka datang dan akan langsung bantu di Papua," kata Luhut.

Baca juga: PB PASI dan Freeport kerja sama program pemusatan latihan di Mimika

Untuk terus mencapai prestasi dan mendapatkan atlet-atlet terbaik nasional, PB PASI bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) baru saja menandatangani MoU mengenai pelaksanaan program pemusatan latihan nasional desentralisasi atletik di Mimika.

Ke depannya, program pemusatan latihan juga akan dikembangkan di berbagai wilayah di Indonesia untuk mencari bibit unggul lainnya, salah satunya di Pangalengan, Jawa Barat, yang ditargetkan pada bulan Juni akan selesai setelah bulan puasa.

"Nanti saya mau minta berbagai perusahaan, misalnya perusahaan tambang kayak PTFI untuk berkontribusi juga bagi di ranah seperti ini, biar makin baik atlet kita," ujar Luhut.

Sementara itu, tim nasional atletik Indonesia bakal melakukan uji coba di Singapura dengan mengikuti Singapore Open pada 14-17 April sebagai persiapan menuju SEA Games Vietnam.

Dari 23 atlet yang dipersiapkan menuju Vietnam, hanya 12 atlet yang akan turun di Singapura.

Kejuaraan tersebut penting untuk mengukur sejauh mana perkembangan atlet dan akan menjadi bahan evaluasi sebelum mengikuti pesta olahraga dua tahunan di Hanoi nanti.

Baca juga: PASI siapkan 23 atlet pelatnas PPON untuk SEA Games Vietnam
Baca juga: Timnas atletik tetap berpuasa dalam persiapan menuju SEA Games Hanoi
Baca juga: Zohri masih dalam masa rehabilitasi usai alami cedera di Serbia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022