Beijing (ANTARA News) - Polisi China telah menahan 12.125 orang dalam satu pengungkapan penjualan narkoba secara online dan telah menyita lebih dari 300 kg narkoba ilegal, demikian laporan kantor berita Xinhua, Minggu (30/10).

Polisi mengembangkan kasus itu setelah menemukan beberapa "ruang mengobrol" online (chatrooms) di dua kota di wilayah barat; Lanzhou dan Xian yang digunakan untuk menjual narkoba.

"Pendatang baru hanya diizinkan untuk memasuki "ruang obrolan" setelah diperkenalkan oleh sejumlah 'teman' dan memperlihatkan narkoba langsung melalui webcam," kata polisi yang dikutip Xinhua.

Polisi mulai menahan sejumlah tersangka pada awal September dan tersangka yang paling muda berumur 14 tahun, tambah laporan itu.

"Tersangka pelaku kejahatan menggunakan Internet dengan alasan bahwa hal itu akan menyulitkan polisi mendeteksi kegiatan mereka," kata polisi.

Sejumlah situs diharuskan "ikut serta memberantas kegiatan ilegal tersebut" dan undang-undang baru harus disahkan untuk menyelesaikan masalah itu, Xinhua melaporkan.

(SDP-12)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011