Paris (ANTARA News) - Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dan majalah France Football, Selasa, mengungkapkan 23 nama pemain dinominasikan untuk Ballon d`Or 2011, dengan Wayne Rooney menjadi satu-satunya calon asal Inggris bersama delapan pemain dari pemenang Liga Champions, Barcelona.

Rooney membantu Manchester United menjuara Liga Premier Inggris ke-19 kali dan mencetak gol dalam kekalahan mereka dari Barcelona di final Liga Champions, tapi Barcelona kembali mendominasi daftar nominasi.

Lionel Messi menjadi favorit untuk memenangi penghargaan tersebut untuk tahun ketiganya, sementara Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, yang juga naik podium tahun lalu, kembali menjadi nominasi, demikian AFP.

Para pemain Barcelona lainnya yang masuk daftar adalah pemain belakang Eric Abidal -- yang didiagnosa menderita tumor hati Maret lalu tapi pulih dan bermain di final Liga Champions -- Dani Alves, Gerard Pique, David Villa, dan Cesc Fabregas, yang pindah ke Camp Nou dari Arsenal pada musim panas lalu.

Pesaing Barca, Real Madrid, juga memiliki banyak wakil dengan lima pemain yang dinominasikan, saat pemenang Ballon d`Or 2008 Cristiano Ronaldo didampingi Iker Casillas, Xabi Alonso, Mesut Ozil, dan pemain asal Prancis Karim Benzema.

Secara keseluruhan, tujuh pemain internasional Spanyol masuk dalam daftar nominasi.

Selain Rooney, hanya ada tiga pemain yang bermain di klub Inggris yang masuk daftar yaitu pemain Liverpool Luis Suarez dan pemain Manchester United Nani, didampingi oleh Sergio Aguero, yang meninggalkan Atletico Madrid untuk bergabung ke Manchester City pada musim panas lalu.

Pemain muda asal Brazil Neymar -- dari Santos -- pemain pertama yang bermain di luar Eropa yang masuk daftar nominasi itu sejak pemain Boca Juniors Juan Roman Riquelme pada 2007.

Untuk kategori pelatih terbaik, 10 nama masuk daftar nominasi untuk mengganti Jose Mourinho, yang menjadi pemenang tahun lalu.

Pelatih Real Madrid Mourinho masuk dalam daftar yang juga diisi oleh Sir Alex Ferguson, dan juga Oscar Washington Tabarez, yang mengantar Uruguay meraih kemenangan di Copa America. Pelatih Barcelona Josep Guardiola juga masuk dalam daftar.

Juri yang terdiri dari para jurnalis, dan juga para pelatih dan kapten dari 208 anggota asosiasi FIFA akan memilih pemenang penghargaan, yang akan diumumkan dalam sebuah acara di Zuricj, Swiss, pada 9 Januari tahun depan.

Berikut ini daftar 23 calon untuk "Ballon d`Or" (negara/klub):

Eric Abidal (Prancis/Barcelona), Karim Benzema (Prancis/Real Madrid), Sergio Aguero (Argentina/Manchester City), Iker Casillas (Spanyol/Real Madrid), Cristiano Ronaldo (Portugal/Real Madrid), Daniel Alves (Brazil/Barcelona), Samuel Eto`o (Kamerun/Anzhi

Makhachkala), Cesc Fabregas (Spanyol/Barcelona), Diego Forlan (Uruguay/Inter Milan), Andres Iniesta (Spanyol/Barcelona), Lionel Messi (Argentina/Barcelona), Thomas Muller (Jerman/Bayern Munich), Nani (Portugal/Manchester United), Neymar (Brazil/Santos), Mesut

Ozil (Jerman/Real Madrid), Gerard Pique (Spanyol/Barcelona), Wayne Rooney (Inggris/Manchester United), Bastian Schweinsteiger (Jerman/Bayern Munich), Wesley Sneijder (Belanda/Inter Milan), Luis Suarez (Uruguay/Liverpool), David Villa (Spanyol/Barcelona), Xabi Alonso (Spanyol/Real Madrid), Xavi Hernandez (Spanyol/Barcelona).


Daftar 10 calon pelatih terbaik (negara/tim):

Vicente Del Bosque (Spanyol/Spanyol), Sir Alex Ferguson (Skotlandia/Manchester United), Rudi Garcia (Prancis/Lille), Josep Guardiola (Spanyol/Barcelona), Jurgen Klopp (Jerman/Borussia Dortmund), Joachim Loew (Jerman/Jerman), Jose Mourinho (Portugal/Real Madrid), Oscar Tabarez (Uruguay/Uruguay), Andre Villas-Boas (Portugal/Chelsea), Arsene Wenger (Prancis/Arsenal).
(I015/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011