Kami siap membeli saham PT Freeport. Kalau bisa dapat dua sampai tiga persen saja sudah sangat berarti. Mau dikasih lima persen juga kami siap beli,"
Timika (ANTARA News) -  Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, menyatakan siap membeli sebagian saham milik PT Freeport Indonesia.

Wakil Bupati Mimika, H. Abdul Muis di Timika, Kamis, mengatakan bahwa saham yang diincar itu sebelumnya milik Indo Coper. Saham perusahaan ini sebesar 9,36 persen.

"Kami siap membeli saham PT Freeport. Kalau bisa dapat dua sampai tiga persen saja sudah sangat berarti. Mau dikasih lima persen juga kami siap beli," kata Abdul Muis.

Keinginan pemkab setempat untuk mendapatkan bagian saham dari PT Freeport itu, menurut dia, bukan semata-mata bertujuan untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya, melainkan sebagai daerah penghasil, Kabupaten Mimika, merasa memiliki dan ikut bertanggung jawab penuh terhadap operasional perusahaan  itu.

Pemkab Mimika, kata dia, telah berkoordinasi dengan perusahaan tambang emas, tembaga, dan perak itu.  Manajemen PT Freeport pun merespons baik keinginan pemkab setempat dengan catatan perlu ada pembicaraan dengan Pemprov Papua yang juga berkeinginan mendapatkan bagian saham perusahaan itu.

"Perjuangan ini bukan baru sekarang di saat karyawan Freeport mogok. Sudah sejak 2009," ujarnya.
(T.E015/A026)

Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2011