Meulaboh (ANTARA News) - Sebagian masyarakat di Provinsi Aceh yang menganut i`tikat Syattariah pada Sabtu pagi sudah melaksanakan shalat Idul Adha 1432 H.

Pemuka Komunitas Habib Muda Seunagan, Teuku Raja Keumangan, yang dihubunggi dari Meulaboh mengatakan bahwa mereka melaksanakan shalat Idul Adha hari ini karena mengikuti penghitungan penetapan awal bulan Ramadhan 1432 H yang lalu.

Dasar kita masih mengacu pada penetapan 1 Syawal 1432 H, kita dahulu satu hari lebih awal demikian halnya pada lebaran Idul Adha komunitas Habib Muda Seunagan tetap terlebih awal satu hari dari muslim lain," katanya.

Ia mengatakan, sejak jum`at (4/11) malam pengikut Habib Muda Seunagan sudah mengelar takbir baik di masjid-masjid, surau bahkan takbir keliling dan berdo`a sampai pagi hari untuk kedamaian Aceh.

Bertindak sebagai khatib sekaligus imam shalat hari raya yang dipusatkan di masjid tua Abu Habib Muda Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya adalah mantan Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya H Said Hamazali.

Mereka kemudian melakukan penyembelihan hewan kurban yang akan dibagikan kepada fakir miskin di daerah itu

(ANT-285)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011