Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Petenis Spanyol Anabel Medina Garrigues akan menantang juara bertahan Ana Ivanovic pada final Commonwealth Bank Tournament of Champions, Minggu (6/11), setelah menang pada semifinal.

Pada laga empat besar kedua di Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Bali, Sabtu petang, Medina Garrigues meraih kemenangan setelah lawannya Sabine Lisicki tidak melanjutkan pertandingan karena cedera saat petenis Spanyol itu memimpin 6-3, 4-6, 4-0.

Ini untuk kedua kalinya Medina Garrigues diuntungkan oleh cederanya lawan, setelah sehari sebelumnya ia juga meraih kemenangan setelah lawannya Marion Bartoli dari Prancis tidak melanjutkan pertandingan karena cedera pergelangan kaki kanan.

Pada pertemuan pertama kedua petenis tersebut, Medina Garrigues langsung memimpin 2-0 namun unggulan ketiga asal Jerman itu berhasil menyamakan kedudukan 3-3, dan meskipun Lisicki menghasilkan tiga ace dan sekali mematahkan servis lawannya, ia akhirnya menyerah 3-6.

Lisicki meningkatkan permainannya pada set kedua dengan melaju untuk memimpin 3-0, namun menghadapi kesulitan pada game keempat, saat Medina Garrigues berhasil memperkecil jarak angka menjadi 2-3, saat pengembaliannya keluar lapangan pada game kelima.

Pertandingan yang berlangsung selama lebih dari dua jam itu sempat terhenti pada awal game kedelapan, ketika Lisicki mengalami masalah pada pinggulnya, ketika ia memimpin 4-3.

Meski demikian, petenis peringkat 18 tersebut berhasil menyelesaikan set kedua dengan kemenangan 6-4.

Namun setelah itu penampilannya menurun ketika tanpa banyak kesulitan Medina Garrigues langsung merebut tiga game pertama untuk memimpin 3-0. Pukulan Lisicki yang semakin tidak akurat kerap jatuh di luar bidang lapangan atau menyangkut net sehingga membuat lawannya semakin melaju.

Setelah tertinggal 0-4, dan kedudukan 30-30 pada game kelima set ketiga, Lisicki menghampiri wasit dan bersalaman yang menandakan ia tidak sanggup melanjutkan pertandingan.

"Saya merasakan sakit pada punggung saya saat pemanasan tadi pagi," kata Lisicki yang mengaku belum pernah cedera seperti itu.

Ia harus menemui dokternya terlebih dahulu untuk menentukan apakah cederanya serius atau tidak.

Medina Garrigues menyesalkan cedera yang dialami lawannya, namun ia mengaku puas dengan penampilannya kali ini.

"Saya sedih Sabine berakhir seperti itu, tetapi saya sendiri merasa senang dengan permainan saya karena saya hari ini bermain bagus. Itu membuat saya percaya diri tampil di final besok," kata petenis Spanyol tersebut.

Pada final turnamen berhadiah total 600 ribu dolar AS, Medina Garrigues akan melawan juara bertahan Ana Ivanovic dari Serbia yang menang 6-1, 7-5 atas petenis Rusia Nadia Petrova.

Menurut catatan pertemuan keduanya, Ivanovic unggul 2-1 dari tiga pertemuan mereka dengan dua laga terakhir, di Prancis Terbuka 2007 dan Piala Fed 2009, dimenangi Ivanovic.

Soal lawannya itu, Medina Garrigues menilai Ivanovic adalah pemain bagus yang mempunyai servis bagus pula. "Dia sudah disini tahun lalu dan juara bertahan, tetapi saya percaya diri," katanya.

Ia mengatakan akan memahami jika penonton mendukung Ivanovic yang akan berulang tahun ke-24, Minggu (6/11), "Tetapi mereka juga tentu akan mendukung saya jika saya bermain bagus."
(T.F005/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011