Madrid (ANTARA News) - Lionel Messi mengamankan posisi Barcelona ketika pada "injury time" membuat angka menjadi 2-2 pada laga tandang ke Athletic Bilbao, Minggu, sedangkan Real Madrid bertahan di puncak klasemen Liga Spanyol setelah menjebol gawang Osasuna 7-1.

Pada pertandingan diterpa hujan di negara Basque itu, Ander Herrera membuka gol untuk Athletic tapi Cesc Fabregas menyamakan angka untuk Barca pada menit ke-24.

Ketika pemain bertahan Barca Gerard Pique memasukkan bola ke dalam gawang sendiri 10 menit menjelang akhir pertandingan, Athletic kelihatan sudah hampir memenangi laga dan mengalahkan juara Eropa itu untuk pertama kali musim ini.

Menjelang akhir pertandingan, Messi memanfaatkan kesalahan para pemain bertahan lawan sehingga dengan leluasa menjebol gawang lawan, merupakan golnya yang ke-14 musim ini dan pertama pada laga tandang dari Nou Camp musim ini.

Sebelumnya, Real Madrid kelihatan dengan mudah mengalahkan lawan ketika Cristiano Ronaldo membuat hatrik pada laga yang dimenangi timnya 7-1 atas Osasuna, yang sebelumnya dikalahkan Barcelona 0-8 pada medio September lalu.

Dengan hasil pertandingan itu, berarti Real, dengan koleksi 28 poin, memimpin Barcelona (25) dengan tiga poin dan Valencia menyusul di bawah (24) di urutan ketiga dengan pautan satu poin.

Hujan turun sepanjang hari di Bilbao tetapi mutu pertandingan tetap terjaga karena kedua tim bermain ngotot sejak awal permainan.

Kendati tidak mendapat poin penuh, pelatih Barca Pep Guardiola memuji usaha Athletic yang amat bagus.

"Kami belum pernah melawan tim yang amat enerjetik seperti mereka. Mereka membuat pertandingan amat menegangkan, fantastik," katanya.

"Ketika kedua tim ingin memenangkan pertandingan dengan amat serius, maka pertandingan akan cantik sekali dan pemenangnya adalah penonton," katanya.

Pada pertandingan Sabtu, Valencia mengalahkan saingan sekota Levante 2-0 sehingga melewati tim tetangga mereka itu ke urutan ketiga.

Gol bunuh diri Javi Venta serta tendangan dari titik bebas Dino Costa sudah cukup bagi Valencia untuk memenangi laga tandang itu.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011