Brunei berbagi angka dengan Laos

Jakarta (ANTARA News) - Tim Brunei Darussalam yang bermain dengan sepuluh pemain berbagi angka dengan Laos setelah bermain imbang 2-2 pada pertandingan Grup B cabang sepak bola SEA Games 2011 di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Senin malam.

Brunei yang baru kembali tampil di SEA Games ini tertinggal lebih dulu oleh gol Laos yang dicetak kapten tim Laos Lamnao Singto pada menit ke-18.

Sebelumnya salah satu pemain Brunei, Reduan Bi Petara, harus keluar lapangan pertandingan setelah mendapat kartu merah di menit 15.

Selanjutnya Brunei malah mampu menyamakan skor 1-1 melalui gol cukup indah striker Adi Bin Said. Adi menggocek bola dan melewati dua bek Laos, sebelum menggetarkan gawang lawan.

Pada babak kedua, Brunei malah lebih unggul, setelah Adi kembali menyarangkan gol sundulan fantastis, memanfaatkan umpan panjang melambung tinggi dari sebuah tendangan bebas.

Sundulannya mengarah ke pojok atas gawang Laos, dan mengecoh kiper Souvanpheng Phanthavong. Brunei memimpin 2-1.

Namun, Laos kemudian mampu menyamakan kedudukan melalui gol dari pemain pengganti Sopha Saysana di menit ke 80.

Dengan hasil ini, Brunei mengoleksi satu poin dari dua kali pertandingan. Sebelumnya mereka kalah dari Timor Leste 1-2 di laga perdana.

Setelah pertandingan usai, sempat terjadi kericuhan antarpemain, tapi dapat ditenangkan oleh wasit dari Indonesia Oki Dwi Putra Sanjaya.

Laos juga mengoleksi satu poin dari dua kali pertandingan. Laos sebelumnya kalah 2-3 dari Myanmar di laga perdana.

Partai selanjutnya Rabu (9/11), Brunei akan bertemu Myanmar, sementara Laos mendapat waktu istirahat dan akan melawan Filipina, pada Jumat (11/11).

Pelatih Brunei Dayem Bin Hj Ali memang menyayangkan adanya sedikit kericuhan antarpemain. "Saya rasa perkelahian bukan budaya kita," katanya.

Ia menilai timnya mampu untuk merebut kemenangan pada pertandingan kedua melawan Laos ini. "Tapi inilah sepak bola. Kami sudah mencobanya. Apalagi kami bermain dengan 10 pemain," katanya.

Ia mengatakan bahwa timnya akan terus berjuang untuk melalui babak penyisihan grup ini. "Memang peluang tipis untuk Brunei. Tapi kami akan berupaya keras. Apalagi pertandingan selanjutnya, kami bertemu Myanmar yang merupakan unggulan di grup ini," kata Dayem.

Sementara pelatih Laos Hans Peter Schaller menyatakan para pemain sudah melaksanakan pertandingan dengan baik tapi hasil tidak memihak pada tim Laos.

"Saya melihat pemain agak bingung sehingga tercipta gol kedua oleh lawan (Brunei)," katanya. Tim Laos sendiri mendapat dukungan dari mantan pelatih Indonesia Alfred Riedl yang kini menjadi direktur teknik tim Laos.

"Kami akan tampil terbaik di laga selanjutnya menghadapi Filipina pada Jumat (11/11)," katanya.

Pada pertandingan lainnya di grup B, Timor Leste menang 2-1 atas Filipina.

Berikut ini hasil pertandingan Grup B:

Timor Leste vs Filipina 2-1.

Laos vs Brunei 2-2.


Jadwal pertandingan Rabu (9/11):

Myanmar vs Brunei (16.00 WIB)

Vietnam vs Timor Leste (19.00 WIB).
(T.T009/I015)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar