Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggagas Gerakan Menuju Smart City untuk memperbanyak kota-kota cerdas di Indonesia yang bisa diwujudkan melalui berbagai program kolaborasi.

"Dengan adanya partisipasi aktif dan keinginan yang kuat dari pemerintah daerah, saya berharap titik-titik pertumbuhan digital bisa bermunculan di seluruh penjuru tanah air kita, Indonesia. Membawa gerak akselerasi pertumbuhan yang inklusif, berkelanjutan dan memberdayakan," kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, saat Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota Peserta Gerakan Menuju Smart City 2022, dikutip dari siaran pers, Kamis.

Gerakan Menuju Smart City diinisiasi Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo sejak tahun 2017. Total terdapat 191 kabupaten kota, dari total 514 kabupaten kota di Indonesia, yang tergabung dalam Gerakan Menuju Smart City pada 2022.

"Pada tahun ini Kominfo melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aptika akan melakukan pendampingan penyusunan masterplan atau rencana induk Smart City bagi 50 kabupaten dan kota terpilih," kata Johnny.

Kementerian Kominfo secara konsisten mengadakan gerakan ini dengan bersinergi dengan kementerian dan lembaga terkait, termasuk Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Dalam Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kantor Staf Presiden (KSP).

Kementerian Kominfo mengajak kepala daerah bersama-sama menjaga momentum sinergi dengan terus mendorong inovasi Indonesia agar makin digital makin maju.

"Semoga kita semua diberikan ilham yang kuat, mempunyai semangat, ide-ide kreatif dan inovatif untuk menghasilkan policy making yang tepat untuk wilayah-wilayah atau kota-kota cerdas kita masing-masing sehingga apa yang dilakukan memberikan manfaat yang besar bagi negeri dan rakyat yang kita cintai bersama," kata Johnny.

Sejak diadakan pada 2017, jumlah kota yang tergabung dengan Gerakan Menuju Smart City terus bertambah. Pada 2021, terdapat 141 kabupaten kota yang bergabung.


Baca juga: Menkominfo: Perempuan pilar utama UMKM

Baca juga: Kominfo dorong edukasi dan gali potensi industri gim bagi perempuan

Baca juga: Menkominfo ajak masyarakat Papua ikuti program literasi digital

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022