Jakarta (ANTARA News) - Michael Cohl dan Jeremiah J. Harris merespons gugatan yang diajukan Julie Taymor yang adalah sutradara "Spider Man" yang pernah mendapat nominasi Oscar.

The Hollywood Reporter melaporkan, Taymor menuduh kedua orang itu telah menggunakan hasil karyanya itu tanpa memberinya kompensasi.

Setelah Julie Taymor menggugat dua produser 'Spider-Man: Turn Off the Dark' di New York, kedua orang itu malah menggugat balik dengan mengaku bahwa mereka berdua berusaha menyelesaikan masalah ini.

"Sejak hengkangnya Nona Taymor Maret lalu kami telah berulangkali mencoba menyelesaikan masalah ini. Nona Taymor memang pantas menerima kompensasi atas kontribusinya sebagai asisten penulis cerita," kata produser utama Michael Cohl dan Jeremiah J. Harris dalam penyataan bersama yang diterbitkan Selasa (8/11).

Sutradara peraih nominasi Oscar itu meninggalkan drama musikal itu Maret, sebelum resmi dibuka, karena perbedaan artistik.

Opera 'Turn Off the Dark' mendapat sambutan awal yang kurang menyenangkan, namun tiket pertunjukan nyaris habis sejak November ketika dibuka di Broadway.

Setelah meninggalkan produksi opera itu, Taymor mengajukan klaim arbitrasi kepada dua produser tersebut dengan menyatakan mereka masih berutang lebih dari setengah juta dolar sebagai royalti.

"Nona Taymor menyesal karena kedua produser itu tak memberi pilihan lain, kecuali menempuh jalur hukum demi melindungi seluruh haknya," kata kuasa hukum Taymor, Charles Spada dari biro hukum Lankler Siffert & Wohl. (*)

SDP-15

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011