Jakarta (ANTARA) - John Romita Senior, salah seorang seniman Marvel Comics dan kreator yang ikut menciptakan karakter seperti Wolverine, Punisher, dan Mary Jane Watson, meninggal dunia pada usia 93 tahun.

Melansir Variety, John Romita  Sr. dikonfirmasi meninggal pada Selasa, 13 Juni 2023 waktu setempat. Kabar kematian sang seniman dikonfirmasi oleh putranya, sesama seniman komik John Romita Jr., dalam sebuah unggahan di media sosial Twitter @JrRomita.

“Saya mengatakan ini dengan berat hati. Ayah saya meninggal dengan damai dalam tidurnya. Dia adalah legenda di dunia seni dan merupakan kehormatan bagi saya untuk mengikuti jejaknya. Mohon doa untuk keluarga saya. Dia adalah pria terhebat yang pernah saya temui,” tulis John Romita Jr.

John Romita Sr meninggalkan istrinya, Virginia dan seorang putra Romita Jr.

Baca juga: Hugh Jackman kembali perankan Wolverine di "Deadpool 3"

Semasa hidupnya, John Romita mengawali kariernya di Timely Comics, yang kemudian berubah nama menjadi Marvel Comics, pada tahun 1940-an dan DC Comics di tahun 50-an dan 60-an. Pada tahun 1966, dia menggantikan artis Steve Ditko dalam serial "The Amazing Spider-Man" dan bekerja bersama pemimpin redaksi Marvel Stan Lee dalam serial tersebut.

Bersama Stan Lee, Romita membuat konsep Spider-Man, yang masih dipakai hingga saat ini.

Dalam proyek "Spider-Man,” Romita Sr. memperkenalkan kekasih Peter Parker, Mary Jane Watson, serta bos kejahatan Kingpin. Namun, sebuah konflik dengan Lee membuat Romita mengakhiri kariernya di serial tersebut.

Karakter dalam serial "Spider-Man" lainnya yang dibuat oleh Romita Sr., antara lain penjahat “Vulture, mafia “Hammerhead”, “Shocker”bertenaga sonik, “Hobgoblin”, jurnalis “Robbie Robertson”, dan ayah Gwen Stacy, George Stacy. Romita Sr. juga memiliki andil dalam menciptakan alur cerita tragis dalam "The Night Gwen Stacy Died", yang dianggap sebagai salah satu kisah "Spider-Man" terbaik yang pernah diceritakan.

Dia juga membantu menciptakan karakter Luke Cage, penjahat Daredevil Bullseye dan Wilson Fisk, alias dalang jahat Kingpin. Hampir semua karakter ini telah muncul berkali-kali dalam film dan TV, live-action dan animasi.

Romita meninggal sekitar seminggu setelah sekuel "Spider-Man", yakni "Across the Spider-Verse" tayang di bioskop dan mendominasi box office

Baca juga: Disney ubah jadwal tayang tiga sekuel "Avatar" dan film lainnya

Baca juga: Cuplikan "Spider-Man: Across the Spider-Verse" terungkap di CinemaCon

​​​​​​​
Baca juga: Marvel umumkan film dokumenter "Stan Lee"

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023