Kemenangan di Filipina mengangkat ambisi saya. Saya berniat tampil alot di Macau agar poin saya tidak terkejar para pesaing saya,"
Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan junior Asia Yasuo Senna Iriawan (15) dan juara Asia Max Challenge kelas Micro Max Perdana Putra Minang (10) dari Red White Racing Team menyatakan siap berlomba pada putaran kelima Kejuaraan Karting Asia Terbuka (AKOC) yang berlangsung di Macau, 10-11 Desember 2011.

Yasuo Senna yang akrab dipanggil Senna King, berniat mempertahankan gelar juara junior AKOC yang diraihnya pada 2010 dan tekad siswa kelas 3 SMP Sekolah Highscope Indonesia itu amat mungkin setelah pada putaran IV di Sirkuit Clark International Speedway, Filipina, akhir pekan lalu tampil sebagai juara.

Dengan hasil itu, siswa berusia 15 tahun itu bertengger di posisi puncak klasemen sementara dengan 80 poin sedangkan posisi kedua ditempati atlet Thailand Sasakorn Chaimongkol dengan 74 poin, disusul Franco Reyes dan Estefano Rivera dari Filipina, masing-masing dengan 71 poin dan 67 poin.

"Saya berusaha mempertahankan posisi ini. Sebelumnya saya sudah merasa agak berat karena poin saya tertinggal jauh dari Sasakorn Chaimongkol dan Timothy," kata Senna, Jumat, "Tapi akhirnya saya berhasil merebut gelar juara sehingga poin saya hidup kembali."

"Kemenangan di Filipina mengangkat ambisi saya. Saya berniat tampil alot di Macau agar poin saya tidak terkejar para pesaing saya," kata Senna.

Semangat pantang menyerah diperlihatkan Senna ketika berlaga di Filipina. Di final yang berlangsung 12 lap, Senna yang start dari urutan enam berhasil start dengan baik dan maju ke posisi empat. Namun pada lap ketiga, Senna bersenggolan dengan Franco Reyes, sehingga membuatnya terlempar keluar lintasan dan terpental ke urutan 12.

Pegokart yang didukung Kartronix Internasional (Irlandia), Blanken Tuning Belanda dan Air Asia Team Lotus itu ternyata mampu bangkit hingga kembali ke posisi empat pada lap ke-10.

Dengan sisa dua lap terahkir, Senna langsung mendahului tiga pegokart di depannya, sekaligus berhasil mempertahankan posisi terdepan sampai garis finish dengan hanya terpaut 0,223 detik dari saingan terdekatnya, Estefano Rivera.
(A008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011