Kami jarang menggunakan bus air karena biasanya lewat darat, tetapi dengan SEA Games ini merasakan sarana transportasi itu,"
Palembang (ANTARA News) - Ribuan penonton upacara pembukaan SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, menggunakan angkutan gratis dengan bus air dan perahu, dilanjutkan Bus Transmusi menuju kawasan Jakabaring Sport City (JSC).

Pelajar SMA di Palembang, Paul (15) mengatakan memilih naik angkutan gratis bersama sejumlah kawannya.

"Kami diantar dengan kendaraan roda empat ke bawah Jembatan Ampera, untuk kemudian menggunakan bus air menyeberang," kata dia.

Menurut dia, setelah menyeberang menggunakan bus air, di dermaga Seberang Ulu Bus Transmusi siap mengangkut mereka ke JSC.

Dari bawah jembatan, bus langsung merapat ke Jakabaring sekali lagi dengan bebas biaya, ujar dia.

Ia mengatakan, perjalanan menuju pembukaan SEA Games XXVI sungguh luar biasa, karena mengunakan transportasi darat dan air.

"Kami jarang menggunakan bus air karena biasanya lewat darat, tetapi dengan SEA Games ini merasakan sarana transportasi itu," kata dia.

Kepala Bidang Hubungan Laut dan Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Dinas Perhubungan Kota Palembang, Said Albar menjelaskan, pemkot setempat menyiapkan 20 unit perahu kayu, lima unit bus air dan kapal Segentar Alam.

Sampai dengan Jumat sore, sedikitnya dua ribu penumpang menggunakan moda transportasi yang disediakan secara gratis itu, ujar dia.

Albar menambahkan, transportasi sungai gratis tersebut disediakan Pemkot Palembang mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Transportasi yang tersambung dengan Transmusi itu khusus saat pembukaan dan penutupan SEA Games saja, ujar dia.
(ANT-037)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011