Jakarta (ANTARA) - Layanan internet milik PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom), IndiHome, terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan perbaikan layanan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau customer experience.

“Sebagai Internetnya Indonesia, IndiHome terus berupaya untuk mengembangkan peningkatan layanan. Kami menghadirkan berbagai inovasi yang mengutamakan kepuasan pelanggan. Selain program UL:DL dan HSSP, kami juga mengembangkan digitalisasi layanan hingga customer care,” jelas Vice President Marketing Management Telkom E. Kurniawan melalui siaran pers, Rabu.

Baca juga: IndiHome perluas jangkauan GameQoo

Baca juga: IndiHome cari bakat seni masyarakat untuk tampil di World Expo Dubai


Dalam hal digital connectivity, sepanjang 2021, IndiHome melakukan peningkatan rasio Upload dan Download (UL:DL) sehingga membuat upload pelanggan semakin cepat, peningkatan throughput atau bandwidth aktual yang terukur, dan penurunan latensi yang membuat aktivitas berselancar di internet semakin cepat dan stabil.

Untuk meningkatkan layanan digital connectivity, IndiHome mengubah UL:DL dengan rasio 1:3, dari sebelumnya berada di angka rasio 1:5, untuk seluruh pelanggan.

Berdasarkan riset dari berbagai macam survei eksternal, angka throughput IndiHome mencapai 102 persen dan rata-rata latensi sebesar 2,0 milisecond (ms). Diketahui, latensi adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan suatu data sampai ke tujuan, dan diukur dalam satuan milisecond, lebih kecil angkanya, lebih baik.

Sedangkan dalam hal customer loyalty, inovasi-inovasi yang dilakukan antara lain Higher Speed Same Price (HSSP), kategorisasi segmen High Value Customer (HVC), pemberian poin reward (gamification), dan berbagai benefit menarik lain bagi pelanggan.

Dengan adanya HSSP, pelanggan setia IndiHome dapat menikmati penyesuaian kecepatan internet yang lebih tinggi tanpa adanya biaya tambahan.

Kurniawan mengatakan, IndiHome juga mengusung konsep Window of Entertainment sebagai salah satu inovasi terbaru.

IndiHome menyediakan berbagai pilihan konten menarik mulai dari layanan TV Interaktif, Minipack Channel TV, add-on, 11 OTT partner diantaranya Netflix, Disney+Hotstar, Vision+, VIU, CATCHPLAY+, MOLA, Vidio, WeTV, Lionsgate Play, HBO Go, dan Gameqoo. IndiHome juga memiliki 247 live channel yang ditawarkan kepada pelanggan.

Selain itu, IndiHome juga menghadirkan layanan baru yakni paket Bebas Tanpa Batas atau Buy Your Own Device (BYOD) dan paket Pembayaran di Depan (PDD). Pelanggan yang memilih Paket Bebas Tanpa Batas berhak memiliki perangkat resmi dari Telkom, sedangkan untuk pelanggan yang memilih paket PDD, akan mendapat diskon sampai 30 persen.

Lebih dari itu, IndiHome juga melakukan sinergi dengan TelkomGroup khususnya Telkomsel melalui penjualan IndiHome Halo, IndiHome Orbit, dan IndiHome+, yang akan memberikan pilihan layanan lebih luas untuk solusi fixed broadband dan seluler bagi pelanggan. Jangkauan area layanan IndiHome pun diperluas hingga ke 498 kota dan kabupaten di Indonesia, dengan target dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Pelanggan juga bisa mendapatkan hadiah menarik melalui Costumer Loyalty Program dengan cara yang mudah seperti membayar tagihan serta melakukan transaksi pembelian Add-on, Minipack Channel TV, dan fitur lainnya melalui aplikasi myIndiHome.

Setelah melakukan berbagai transaksi di aplikasi myIndiHome, pelanggan sudah otomatis terdaftar ke dalam Customer Loyalty Program dan akan memperoleh poin myIndiHome.

“Sesuai dengan komitmen IndiHome, yakni We Are Here, We Do Care, IndiHome akan memastikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama," ujar Kurniawan.

"Dengan peningkatan kualitas layanan, inovasi pada beragam produk dan fitur, serta jangkauan area yang diperluas. Harapannya, IndiHome akan terus berkiprah dalam melayani kebutuhan akses internet masyarakat dengan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Baca juga: Telkom Makassar dukung pengembangan potensi dakwah anak sejak dini

Baca juga: IndiHome hadirkan turnamen "Mabarkuy New Year Festival"

Baca juga: Kolaborasi Disney+ Hotstar dan IndiHome hadirkan aneka konten hiburan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022