Perjalanan perdana KA angkutan sepeda motor gratis telah sampai di Daop 5 Purwokerto dini hari tadi
Purwokerto (ANTARA) - Angkutan sepeda motor gratis menggunakan kereta api yang digelar Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai tiba di sejumlah stasiun KA Daerah Operasi 5 Purwokerto.

"Perjalanan perdana KA angkutan sepeda motor gratis telah sampai di Daop 5 Purwokerto dini hari tadi," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

Menurut dia, KA angkutan sepeda motor gratis relasi Jakarta Gudang-Purwosari itu hanya menurunkan 26 unit sepeda motor milik pemudik di dua stasiun di Daop 5 Purwokerto.

Baca juga: Arus mudik di Ajibarang Banyumas masih landai

Dalam hal ini, sebanyak dua unit sepeda motor diturunkan di Stasiun Besar Purwokerto dan 24 unit sepeda motor diturunkan di Stasiun Kutoarjo.

"KA angkutan sepeda motor gratis yang perjalanan perdananya diberangkatkan dari Jakarta pada tanggal 26 April ini masih akan dijalankan setiap hari hingga 9 Mei 2022," katanya.

Ayep mengatakan info lebih lanjut terkait layanan angkutan sepeda motor gratis dapat diakses melalui laman kalogistics.co.id atau menghubungi Call Center di 150121, email cs@kalogistics.co.id dan WhatsApp di 081388223205 ataupun sosial media Intagram @kalogistics, twitter @KA_Logistics dan Facebook KeretaApiLogistik.

Baca juga: Masa Lebaran, puskesmas rawat inap di Banyumas buat posko 24 jam

Sebagai upaya untuk meningkatkan keselamatan para pemudik, kata dia, PT KAI (Persero) menyediakan tiket angkutan lebaran khusus bagi peserta angkutan sepeda motor gratis.

Menurut dia, tiket kereta api yang dapat dibeli oleh peserta angkutan sepeda motor gratis terdiri atas relasi Pasar Senen-Semarang Tawang pergi pulang (PP) dan Pasar Senen-Purwosari PP.

"Adapun syarat untuk pembelian tiketnya adalah hanya berlaku bagi peserta Motis (angkutan sepeda motor gratis), satu sepeda motor berlaku untuk maksimal tiga tiket,
tiket penumpang berlaku sesuai relasi dan tanggal yang sama sesuai dengan perjalanan motis, serta periode keberangkatan 26-30 April dan 5-9 Mei 2022," katanya.

Ia mengatakan pembelian tiket langsung di seluruh stasiun yang melayani angkutan sepeda motor gratis, yakni Stasiun Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Lempuyangan, Klaten dan Purwosari.

Menurut dia, tiket yang sudah dibeli tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya.

Baca juga: Ganjar apresiasi antusiasme warga Banyumas ikuti vaksinasi COVID-19

Baca juga: Kedatangan penumpang KA di Stasiun Purwokerto mulai meningkat

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022