Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan kesiapan armada angkutan mudik Lebaran 2022 di Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, untuk memastikan armada bus laik jalan melayani masyarakat yang akan mudik.

Menurut jenderal bintang empat itu, kelaikan armada bus penting termasuk kondisi kesehatan sopir guna memberikan kepastian dan jaminan keselamatan bagi para pemudik.

“Bagi pengemudi atau sopir dilaksanakan tes urine dan menggunakan alkohol atau tidak. Ini dilakukan agar saat membawa penumpang jarak jauh antarkota antarprovinsi, sopir dalam keadaan sehat dan prima,” kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Kapolri ingatkan pemudik hindari kelelahan saat mudik

Dalam tinjauannya, Sigit memperoleh informasi telah terjadi peningkatan jumlah penumpang di Terminal Purabaya pada pekan ini dibandingkan minggu lalu. Peningkatan jumlah penumpang diprediksi bakal terjadi hingga pekan depan.

"Kalau dilihat berdasarkan data telah terjadi peningkatan penumpang di terminal. Ada peningkatan dibanding minggu lalu dan kemungkinan akan terus meningkat dalam beberapa hari terakhir ini," katanya.

Terkait mudik Lebaran 2022, Sigit meminta seluruh pihak terkait di terminal terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang hendak mudik.

Baca juga: Kapolri apresiasi masyarakat mudik lebih awal
Baca juga: Kapolri tegaskan komitmen beri layanan mudik aman lancar dan sehat


Mantan Kapolda Banten ini melihat kesiapan gerai vaksin yang terdapat di pos pelayanan dan pos terpadu Operasi Ketupat 2022 di Terminal Purabaya. Ia berharap masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi dosis III atau booster dapat memanfaatkan layanan gratis tersebut.

"Harapannya masyarakat yang mudik dan bertemu keluarga semuanya dalam kondisi sehat, imunitas kuat agar setelah Idul Fitri kita bisa tetap menjaga laju COVID-19 khususnya di Surabaya terjaga," ujarnya.

Sigit menambahkan dengan segala upaya pelayanan dan strategi yang disiapkan untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2022 diharapkan mudik tahun ini bisa terlaksana dengan sehat, aman, dan nyaman.

"Ini pertaruhan kita pascamudik khususnya di wilayah Jatim laju COVID-19 bisa dikendalikan," tutup Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022