Jakarta (ANTARA) - Penyanyi-rapper Travis Scott akan kembali ke panggung festival musik pada musim gugur tahun ini untuk pertama kalinya sejak tragedi Astroworld yang terjadi di Houston, Amerika Serikat, dikutip dari The Hollywood Reporter pada Kamis.

Pada Rabu (27/4) waktu setempat, penyelenggara Festival Primavera Sound merilis daftar pengisi acara (line-up) untuk sejumlah rute konser. Scott dijadwalkan untuk tampil di Buenos Aires dan Santiago yang berlangsung pada 7-13 November serta dan São Paulo yang digelar pada 31 Oktober hingga 6 November.

Pertunjukan tersebut menandai penampilan pertama Scott di acara festival musik setelah konser Astroworld pada November lalu. Saat itu, lonjakan penonton konser Astroworld berubah menjadi tragedi, ratusan orang terluka dan 10 orang tewas karena sesak napas.

Baca juga: Forensik umumkan penyebab kematian korban Astroworld Travis Scott

Menyusul tragedi itu, penampilan Scott di acara festival musik seperti Day N Vegas dan Coachella dibatalkan, serta sejumlah pertunjukan lainnya. Selain itu, kolaborasinya dengan Dior juga dibatalkan.

Penyanyi tersebut telah menghadapi ratusan tuntutan hukum oleh mereka yang hadir di konser Astroworld. Polisi Houston dan pejabat federal masih menyelidiki apakah Scott, promotor Live Nation, dan pihak lainnya menerapkan peraturan keamanan yang memadai selama konser yang menampung sekitar 50.000 orang.

Setelah peristiwa tersebut, Scott setuju untuk mengembalikan biaya tiket kepada penonton Astroworld dan membayar biaya pemakaman para korban. Dia juga meluncurkan Project HEAL, sebuah inisiatif senilai 5 juta dolar AS yang ditujukan untuk mengatasi tantangan keamanan dalam acara festival dan berskala besar.

Setelah Astroworld, Scott hanya tampil beberapa kali, termasuk di acara pra-Oscar house party pada Maret dan pertunjukan singkat selama afterparty Coachella bulan ini. Sementara itu, perilisan album terbaru Scott yang bertajuk "Utopia" ditunda menyusul tragedi Astroworld tetapi diperkirakan akan dirilis tahun ini.

Sejumlah artis lain yang dijadwalkan tampil di Festival Primavera tahun ini termasuk Arctic Monkeys, Lorde, Björk, Charli XCX, the Pixies, Jack White, Father John Misty, Interpol, Phoebe Bridgers, Japanese Breakfast, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Usai renungkan tragedi Astroworld, Travis Scott sumbangkan Rp71 miliar

Baca juga: Billie Eilish tanggapi tudingan sindir Travis Scott oleh Kanye West

Baca juga: Travis Scott dikeluarkan dari Festival Coachella 2022

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022