Sekitar 51 persen warga Depok memang sudah dan akan mudik menurut survei rencana mudik yang kami lakukan
Depok, Jabar (ANTARA) - Wali Kota Depok, Jawa Barat Mohammad Idris menyatakan sekitar 51 persen warga Kota Depok Jawa Barat melakukan mudik ke kampung halamannya baik ke wilayah Jawa maupun ke Sumatera pada Lebaran 2022.

"Sekitar 51 persen warga Depok memang sudah dan akan mudik menurut survei rencana mudik yang kami lakukan," katanya di Depok, Jumat.

Ia menjelaskan sekitar 1.000 warga Depok telah mengikuti kegiatan mudik gratis oleh Kementerian Perhubungan di Terminal Jatijajar pada Kamis (28/4).

Mudik grtais ini dilayani sebanyak 106 armada bus dengan 3.180 penumpang yang diberangkatkan bertahap mulai Jumat ini ini dengan tujuan mudik wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ia mengingatkan para pemudik untuk selalu menjalankan mudik dengan aman dan nyaman. Tidak lupa untuk menitipkan tempat tinggalnya kepada tetangga sekitar rumah.

Selain itu, dirinya juga telah menginstruksikan para camat dan lurah untuk memantau warganya yang sedang mudik Lebaran 2022.

"Warga juga sudah bersiap mudik dengan kendaraan pribadi hampir 64 persen, diperkirakan hari ini Jumat (29/4) puncaknya," ujarnya.

Wali Kota berpesan agar warga yang mudik tetap ketat dalam menjaga protokol kesehatan. Dengan begitu, pemudik bisa kembali ke Kota Depok dalam keadaan sehat pada arus balik pada 8 Mei mendatang.

Jika akan membawa sanak saudara diimbau sudah melakukan vaksinasi serta  domisili dan dokumen kependudukannya jelas, demikian Mohammad Idris.

Baca juga: Satpol PP Depok siagakan ratusan personel bantu pengamanan Lebaran

Baca juga: Sepanjang Ramadhan, Baznas Depok berhasil himpun zakat Rp11 miliar

Baca juga: 369 personel gabungan diterjunkan amankan arus mudik Lebaran di Depok

Baca juga: Semarakkan Ramadhan, UI gelar cara "Syiar Ramadan Kampus UI"

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022