Pengalihan itu dilakukan karena arus yang menuju Tasikmalaya mengalami kepadatan. Sehingga arus yang menuju Tasikmalaya, dialihkan ke arah Kadungora, Kabupaten Garut
Bandung (ANTARA) - Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan pihaknya sudah dua kali melakukan pengalihan arus di Simpang Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (29/4) atau H-3 Lebaran 2022.

"Pengalihan itu dilakukan karena arus yang menuju Tasikmalaya mengalami kepadatan. Sehingga arus yang menuju Tasikmalaya, dialihkan ke arah Kadungora, Kabupaten Garut," katanya  di Pos Pengamanan Mudik Cikaledong Nagreg, Jumat.

"Sementara sudah dua kali, yang mau ke Limbangan kita arahkan ke Kadungora, karena memang di seputaran Limbangan itu terjadi kepadatan," tambahnya.

Meski polisi berupaya mengalihkan arus, namun banyak kendaraan yang justru mengantre dan menunggu jalan dibuka kembali sehingga antrean itu mengekor hingga sekitar 2 kilometer.

Adapun pengalihan arus yang pertama dilakukan pada sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu terjadi kepadatan arus pemudik yang hendak melaksanakan salat Jumat.

Kemudian pengalihan arus kedua, kata Kuswono Wibowo, dilaksanakan pada sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah pengalihan arus kedua itu disudahi, arus lalu lintas mengalami kepadatan karena banyak pemudik yang mencari tempat berbuka puasa.

Sementara itu, Kapolsek Nagreg AKP Hima Rawalasi Pratama mengatakan pengalihan arus di Simpang Nagreg bersifat situasional, berdasarkan kondisi kepadatan di jalur selatan.

Menurutnya pengalihan arus itu juga tidak berlangsung lama. Setelah kondisi arus di kawasan Limbangan dan Malangbong kembali lancar, maka arus lalu lintas di Simpang Nagreg akan kembali normal.

"Di wilayah Nagreg, sebetulnya mulai tadi H-4 malam ada peningkatan, dari arah barat ke timur," demikian Hima Rawalasi Pratama.

Baca juga: Polisi alihkan arus kendaraan di Nagreg ke Kadungora Garut pada H-3

Baca juga: Polisi sebut Nagreg H-3 ramai lancar setelah ada pengalihan arus

Baca juga: Arus keluar GT Cileunyi ke Nagreg mulai padat pemudik H-4 malam

Baca juga: Polresta Bandung siapkan rekayasa "one way" jika Nagreg macet


 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022