kami sudah siapkan tenaga dan alatnya
Banjarnegara (ANTARA) - Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, Jawa Tengah, membuka layanan pemeriksaan kesehatan dasar secara gratis bagi pemudik yang melintas di jalan penghubung Secang-Banyumas, Jawa Tengah pada arus balik Lebaran mulai 4 sampai 7 Mei 2022.

Dalam keterangannya di Banjarnegara, Sabtu, Kepala Bidang Pelayanan Medik RSI Banjarnegara Joni Krismanto, S.Kep.Ns. mengatakan pemeriksaan kesehatan dasar tersebut akan dilakukan dengan cara layanan tanpa turun dari kendaraan (lantatur) di tepi jalan depan RSI Banjarnegara atau di gedung lantatur Sarsipol (Sehat Aman Rumah Sakit Indonesia Pelayanan Online)

Menurut dia, waktu pelayanan yang disediakan pada pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB dengan layanan pemeriksaan kesehatan dasar yang diberikan berupa cek tekanan darah, kolesterol, dan gula darah menggunakan alat Remmote Medical Consultation (RMC).

"Kami sudah siapkan tenaga dan alatnya, sehingga pemudik dan masyarakat umum bisa memanfaatkan pelayanan gratis tersebut," katanya.

Baca juga: BPJS Kesehatan pastikan layanan peserta JKN-KIS aman saat mudik
Baca juga: PMI fasilitasi kesehatan gratis untuk pemudik di Terminal Kalideres

Joni mengharapkan kegiatan tersebut dapat membantu pemudik maupun masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan di tengah momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Sementara itu, Direktur RSI Banjarnegara dr. Agus Ujianto, Sp.B., M.Si.Med. mengatakan pemudik harus memastikan kesehatannya dalam kondisi sehat, sehingga siap untuk melakukan perjalanan.

“Setidaknya RSI membantu masyarakat, aparat, dan pemerintah untuk berpartisipasi bersama-sama membuat posko kesehatan meskipun sudah ada UGD (Unit Gawat Darurat) yang buka 24 jam, kami juga melayani secara cuma-cuma di pinggir jalan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan," katanya. 

Baca juga: BPBD Jatim dirikan pos pantau protokol kesehatan di jalur mudik

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022