Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H berjamaah bersama warga di halaman rumah jabatan Isen Mulang, Kota Palangka Raya.
 
Sugianto usai Shalat Id, Senin, mengatakan dirinya sangat bersyukur karena Lebaran tahun ini bisa dirayakan bersama-sama penuh suka cita dengan seluruh masyarakat.
 
"Dua tahun terakhir sebelumnya, akibat pandemi COVID-19 semua menjadi sangat terbatas, Alhamdulillah, Lebaran tahun ini bersama-sama kita bisa merayakan," katanya.

Namun demikian, ia tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya berakhir.


Baca juga: Gubernur Kalteng ingatkan warga patuhi prokes saat Lebaran

Baca juga: Gubernur dan Wagub Shalat Idul Fitri di dua tempat berbeda
 
Sementara itu Wagub Kalteng Edy Pratowo menambahkan Lebaran tahun ini begitu penuh suka cita, terlebih akhirnya bersama-sama bisa kembali melaksanakan ibadah shalat Id berjamaah dengan nyaman.
 
Dia mengatakan, dimulai sejak tadi malam dengan digelarnya pawai takbir keliling yang diikuti puluhan peserta menyambut malam Lebaran dan dilanjutkan ibadah Shalat Id pagi ini, semua merupakan kenikmatan di hari kemenangan yang selama ini dirindukan umat Islam.
 
"Bersama-sama kita bisa mendengarkan kumandang takbir bergema di berbagai sudut kota maupun daerah lain di Kalteng," katanya yang sebelumnya menjabat Bupati Pulang Pisau ini.
 
Ibadah Shalat Id di halaman rumah jabatan Isen Mulang Gubernur Kalteng ini diikuti dengan antusias oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pimpinan organisasi perangkat daerah, instansi lainnya, serta masyarakat umum.
 
Ahmadi salah seorang warga yang mengikuti Shalat Id mengatakan setelah dua tahun akibat pandemi membuat semuanya sangat dibatasi termasuk saat perayaan Lebaran, maka tahun ini menjadi anugerah di hari kemenangan yang sangat dirinya nikmati dan syukuri.
 
"Sebab dimulai dari bulan Ramadhan yang bisa berbuka puasa bersama dengan lebih nyaman, malam takbir yang disemarakkan pawai, hingga Shalat Idul Fitri yang kembali diselenggarakan dengan leluasa di berbagai tempat, seperti inilah suasana Ramadhan dan Lebaran yang seharusnya," ujarnya.
 
Rachmasari salah seorang warga lainnya berharap, agar Lebaran bisa terus dirayakan dan disemarakkan seperti ini hingga tahun-tahun berikutnya. Dia tidak ingin lagi adanya berbagai pembatasan seperti tahun-tahun sebelumnya.
 
"Semoga Lebaran bisa terus seperti ini dan kembali seperti waktu normal saat sebelum pandemi, penuh suka cita, beribadah dan berkumpul keluarga dengan nyaman," ucapnya.
 
Namun, dirinya tetap menyadari saat ini pandemi belum benar-benar berakhir kendati kondisinya lebih terkendali dan penyebaran COVID-19 lebih landai. Untuk itu ia dan keluarga senantiasa tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lainnya.*

Baca juga: Khatib: Jalani hidup penuh dengan optimisme

Baca juga: Warga Pangkalpinang padati TPU usai Shalat Idul Fitri

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022