Di perbatasan Garut-Tasikmalaya ada 'trouble spot' (penumpukan kendaraan)
Garut, Jabar (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Garut menyiagakan sejumlah personel di jalur alternatif Cilawu Jalan Raya Garut-Sipangarna untuk mengatur arus kendaraan limpahan dari Tasikmalaya menuju Garut dan Bandung, Jawa Barat.

"Seluruh anggota sudah kita siapkan untuk kemudian siaga melakukan pengaturan di jalur Cilawu hingga seterusnya," kata Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono di Garut, Rabu.

Ia menjelaskan arus lalu lintas kendaraan di jalur nasional lintas Limbangan-Malangbong hingga Tasikmalaya masih ramai, begitu juga arus kendaraan dari arah sebaliknya.

Arus kendaraan di jalur nasional itu, kata dia, terjadi kendala di wilayah Gentong, Kabupaten Tasikmalaya sehingga mengganggu laju kendaraan di jalur nasional.

"Di perbatasan Garut-Tasikmalaya ada 'trouble spot' (penumpukan kendaraan)," katanya.

Upaya menghindari kepadatan di jalur nasional itu, kata dia, maka sesuai arahan dari Polda Jabar, polisi di Tasikmalaya mengalihkan arus kendaraan dari Tasikmalaya menuju Bandung ke jalur alternatif Singaparna-Cilawu.

"Pengalihan dilakukan untuk kendaraan yang mengarah Bandung diarahkan menuju Singaparna lanjut Cilawu, Garut dan seterusnya," katanya.

Ia mengemukakan pengalihan dilakukan secara buka tutup jika terjadi kepadatan di jalur Gentong maka arus kendaraan dari Tasikmalaya menuju Garut dialihkan ke Singaparna-Cilawu.

"Jadi yang dari Tasik ini sistem buka tutup, kalau Singaparna sudah padat, maka akan diarahkan lagi ke jalur Malangbong," katanya.

Ia menambahkan jajarannya terus siap siaga di pos pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di jalur mudik selama Operasi Ketupat Lodaya 2022 untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik.

Meski siaga di jalur alternatif, kata Kapolres, jajarannya juga tetap siaga di sepanjang jalur nasional lintas Limbangan dan Malangbong.

"Untuk di jalur Limbangan-Malangbong tetap siaga penuh," demikian Wirdhanto Hadicaksono.

Baca juga: Pohon besar tumbang timpa kendaraan di jalur mudik Garut-Tasikmalaya

Baca juga: Jalur Gentong Tasikmalaya macet akibat banyak mobil mogok

Baca juga: Jalur Garut-Tasikmalaya kembali normal pascalongsor di Cilawu
​​​​​​​

Baca juga: Polisi lakukan penyekatan kendaraan di Gentong Tasikmalaya

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022