Seoul (ANTARA News) - Kepala inspeksi nuklir di seluruh dunia pada Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Herman Nackaerts, dijadwalkan untuk mengunjungi Korea Selatan pada Minggu guna membahas keselamatan nuklir, kata kementerian luar negeri Jumat.

Penyidik ​​perlindungan nuklir itu akan tiba di Seoul untuk kunjungan enam hari yang mencakup pertemuan dengan para pejabat, termasuk Lim Sung-nam, kepala perunding Seoul pada perundingan perlucutan senjata nuklir enam negara guna mengakhiri program nuklir Korea Utara.

Para pejabat diperkirakan akan membahas perluasan kerja sama antara Korea Selatan dan IAEA mengenai perlindungan nuklir, kata kementerian luar negeri.

Dalam perjalanan pertamanya ke Korea Selatan sejak menjabat pada 2009, Nackaerts juga akan mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir di seluruh negeri itu.

Perundingan perlucutan senjata nuklir enam negara melibatkan kedua Korea, Jepang, China, Amerika Serikat dan Rusia.

Korea Utara telah keluar dari perundingan itu sejak beberapa tahun lalu, menjelang dilakukannya uji coba senjata nuklirnya yang kedua.

Belakangan, Korea Utara ingin kembali ke meja perundingan tanpa prasyarat, namun AS menghendaki Pyongyang lebih dulu menunjukkan keseriusannya untuk melenyapkan program nuklirnya, dengan imbalan bantuan ekonomi dan kemudahan diplomasi.

Pendekatan-pendekatan masih terus dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait untuk kembali ke meja perundingan, demikian Xinhua-OANA.
(H-AK/B002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011