Cilegon (ANTARA) - Kapolsek Anyer Polres Cilegon Polda Banten AKP Sudibyo Wardoyo menjelaskan bahwa pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem buka tutup atau one way dari arah Jakarta menuju Pantai Anyer dan sebaliknya.

"One way ini sangat berpengaruh terhadap situasi arus lalu lintas para wisatawan yang hendak berlibur ke Pantai Anyer, dan kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang akan berlibur sehingga tidak berlama-lama menunggu saat akan berlibur ke Pantai Anyer," kata Sudibyo di Cilegon, Banten, Sabtu.

Arus wisata menuju Pantai Anyer pada periode Lebaran Tahun 2022 telah mengalami peningkatan yang cukup pesat, lebih tepatnya sejak Selasa (3/5). Situasi sempat melandai pada Jumat (6/5), sebelum kembali meningkat pada Sabtu (7/5).

Baca juga: Seorang wisatawan terseret ombak di Pantai Florida Anyer

Sudibyo juga mengatakan bahwa kepadatan jalur wisata Pantai Anyer sampai Cinangka dapat terjadi kapan saja.

Oleh karena itu, jajaran Polsek Anyar, Polres Cilegon, bersama Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem buka tutup atau one way dari arah Jakarta menuju Pantai Anyer dan sebaliknya yang berdasarkan pada situasi lalu lintas atau situasional.

“Selain itu, kami juga memaksimalkan anggota Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, red.) untuk selalu memberikan imbauan kepada para wisatawan agar selalu berhati-hati dalam berwisata di Pantai Anyer agar mereka dapat berlibur dengan baik,” ucapnya.

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, kepadatan menuju jalur wisata Pantai Anyer telah menuai perhatian dari kepolisian setempat. Kendaraan yang berjalan menuju kawasan wisata Pantai Anyer tidak hanya berasal dari Banten, melainkan juga berasal dari arah Tangerang.

“Rekayasa lalu lintas selalu dimainkan di jalur utama menuju Anyer secara situasional. Kami melihat kondisi kepadatan arus. Sejak Selasa (3/5) lalu, pola yang digunakan adalah situasi hijau dan kuning,” Kabid Humas Polda Banten Kombes Polisi Shinto Silitonga ketika dihubungi oleh ANTARA dari Cilegon, Sabtu.

Jalur wisata Pantai Anyer sempat mengalami kemacetan hingga lebih dari 10 km. Mengatasi situasi tersebut, pihak kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas, yakni dengan menggunakan pola buka tutup, one way, hingga pengalihan arus.

Kemacetan tersebut diakibatkan oleh kelebihan kapasitas jalan dalam menampung kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di kawasan Anyer.

Baca juga: Pengunjung dan pedagang Pantai Sambolo 2 Anyer apresiasi aparat polisi
Baca juga: Lalu lintas menuju objek wisata Pantai Anyer terpantau landai
Baca juga: Kantor SAR Banten siaga di kawasan wisata pantai

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022