Kami semua memastikan bahwa Pantai Anyer-Cinangka aman dan nyaman untuk dikunjungi para wisatawan.
Serang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, Banten telah mempersiapkan pengamanan bagi wisatawan pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Bupati Serang Ratu Tatu Casanah, di Serang, Kamis, mengatakan sudah mempersiapkan pengamanan bagi para wisatawan pada perayaan natal-tahun baru, di antaranya mulai dari pengaturan lalu lintas, hingga penguatan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.
 
"Dari berbagai stakeholder berperan, mulai dari Pemkab Serang, TNI-Polri, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan para pelaku wisata lainnya," katanya pula.
 
Tatu juga memastikan untuk kawasan Pantai Anyer-Cinangka aman dan nyaman dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati liburan natal dan tahun baru.
 
"Kami semua memastikan bahwa Pantai Anyer-Cinangka aman dan nyaman untuk dikunjungi para wisatawan," katanya pula.
 
Tatu menargetkan, seluruh hunian hotel di kawasan Pantai Anyer-Cinangka bisa penuh dan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat untuk bisa terus bergerak.
 
"Jika banyak wisatawan, tentu tidak hanya hotel yang berdampak positif, tetapi juga ke tempat-tempat kuliner, UMKM, dan pelaku pariwisata lainnya. Semua akan menggerakkan ekonomi masyarakat," katanya menegaskan.
 
Ketua Tim Kerja Meteorologi dan Klimatologi pada Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II Banten Ana Oktavia Setiawati menjelaskan terkait Gunung Anak Krakatau (GAK) saat ini statusnya masih aktif dan berada di level III atau siaga.
 
Pihaknya juga mengaku telah memasang alat sensor gempa dan pengukuran tinggi gelombang, guna mendeteksi dan memantau aktivitas GAK.
 
"Kami harapkan, semua bisa meyakinkan masyarakat untuk tetap berlibur dengan rasa aman, tetapi dengan tetap update informasi dari kami," ujarnya lagi.
 
Ia mengatakan, untuk jarak yang tidak boleh didekati sekitar lima kilometer dari kawah GAK. Sementara jika ditarik garis lurus, jarak GAK ke daratan atau pantai sekitar 42 kilometer.
Baca juga: Polres Cilegon antisipasi gangster berkumpul di Pantai Anyer
Baca juga: Polisi berlakukan 'one way' dari arah Jakarta menuju Pantai Anyer

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023