anak yang telah diimunisasi dasar lengkap merupakan aset bangsa
Serang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) karena berhasil dalam pencapaian tertinggi program imunisasi dasar lengkap (IDL) usia 0-11 bulan.
 
Bupati Serang, Ratu Tatu Casanah, di Serang, Banten, Minggu, mengatakan, penghargaan ini bukti komitmen Pemkab Serang dan sinergi kolaborasi yang kuat dalam mewujudkan generasi masa depan yang sehat dan sejahtera.
 
"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam capaian IDL Kabupaten Serang," ujarnya.
 
Tatu mengatakan, mempersembahkan penghargaan ini untuk para tenaga kesehatan dan non kesehatan di Dines Kesehatan (Dinkes), posyandu, klinik, bidan praktik mandiri, dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam program IDL.
 
"Anak yang telah diimunisasi dasar lengkap merupakan aset bangsa di masa depan,” ujar Tatu.

Baca juga: Bappenas targetkan Imunisasi Dasar Lengkap capai 90 persen di 2024
Baca juga: Guru Besar FKUI: Imunisasi ganda lindungi anak dari beberapa penyakit
 
Ia mengatakan, IDL harus didapatkan saat bayi berusia 0-11 bulan sesuai jadwal imunisasi. Sementara data Dinkes Kabupaten Serang per November 2023, capaian IDL berdasarkan sistem informasi Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK), mencapai 89,86 persen dari sasaran 22.498 bayi capaian ini merupakan tertinggi ketiga nasional.
 
Capaian IDL tersebut berkat dukungan Bupati Serang dengan terus mendorong capaian kinerja kesehatan dengan memberikan reward bagi kader kesehatan yang aktif pada Posyandu, mendorong kontribusi fasilitas kesehatan swasta, hingga meningkatkan kerja sama lintas sektor tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.
 
"Dinkes Kabupaten Serang telah melakukan upaya-upaya transformasi pencatatan dan pelaporan elektronik melalui berbagai pelatihan. Ini adalah bukti sukses atas penguatan kapasitas tenaga kesehatan dan sinergi kolaborasi berbagai pihak," katanya.
 
Tatu menegaskan, Pemkab Serang memiliki misi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pendekatan akses layanan kesehatan yang bermutu dan dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang profesional.
 
"Program yang kami laksanakan tidak hanya kuantitas fasilitas kesehatan, dan pendekatan pelayanan, tetapi juga peningkatan kualitas tenaga kesehatan,” ujarnya.
 
Diketahui, penyerahan penghargaan ini dilaksanakan pada puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (11/11).

Baca juga: Kemenkes pastikan imunisasi rutin lengkap dilaksanakan di Batam
Baca juga: Kemenkes kemukakan keunggulan Imunisasi Rutin Lengkap untuk anak
Baca juga: Kemendikbud gencar kampanye sekolah sehat, dukung imunisasi lengkap

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023