akan berkoordinasi dengan pihak Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat  membersihkan tumpukan sampah yang berada di lapangan permukiman Jalan Lingkungan III, RT 13/03, Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat.

Pembersihan itu dilakukan setelah Pemkot Jakarta Barat menerima laporan dari warga terkait adanya tumpukan sampah di lapangan tersebut.

"Kita sudah tindak lanjuti, sudah dilakukan pembersihan oleh pihak PPSU dan Sudin Lingkungan Hidup," kata  Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Jakarta Barat, Imron, Selasa.

Imron mengatakan tumpukan sampah itu bukan berasal dari buangan warga sekitar melainkan dari luapan air di saluran penghubung.

Air yang meluap membawa sampah saat hujan deras dan air laut sedang keadaan pasang. Aliran air tersebut melewati wilayah lapangan hingga akhirnya sampah pun tumpah dan memenuhi lahan tersebut.

Mayoritas sampah yang bertebaran di lapangan berbahan dasar plastik hingga dedaunan. Kini, tumpukan sampah tersebut sudah diangkut petugas untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Sedangkan untuk mengantisipasi agar penumpukan sampah tidak terulang, Imron akan berkoordinasi dengan pihak Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat agar secara berkala mengeruk saluran penghubung dari berbagai sampah bawaan.

"Kita sudah koordinasi sama SDA agar ada pengerukan sedimen pada saluran PHB (penghubung)," jelas dia.
Baca juga: DKI siagakan 2.500 petugas kebersihan selama libur Lebaran
Baca juga: DPRD DKI soroti belum dibangunnya empat ITF
Baca juga: Warga Jakarta diajak pilah sampah peringati Hari Bumi 2022

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022