Hal tersebut berhubungan dengan Pusat Latihan Maritim Bakamla RI di Batam yang saat ini masih dalam pembangunan.
Jakarta (ANTARA) - Deputi Inhuker Bakamla RI Laksda Bakamla I Putu Arya Angga S. menerima kunjungan kehormatan Wakil Komandan Australia Maritime Border Command (MBC) Komandan Claire Rees di Markas Besar (Mabes) Bakamla RI, Jakarta Pusat.

Menurut Kepala Bagian Humas Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, kunjungan pada hari Rabu (11/5) itu dalam rangka silaturahmi sekaligus membahas kelanjutan program kerja sama antara Bakamla RI dan Australia Border Force (ABF) pada tahun 2022.

Kunjungan Komandan Rees yang didampingi oleh Asisten Inspektur Benjamin Honey, Inspektur Leighton Morvell, Kolonel Nicholas Courmadias, Inspektur Keven Gray, serta Staf Kedutaan Besar Australia Karl Brandt, dan diterima oleh Deputi Informasi, Hukum, dan Kerja Sama (Inhuker) Laksda Bakamla I Putu Arya Angga S. adalah untuk bersilaturahmi serta membahas kelanjutan program kerja sama antara Bakamla RI dan ABF pada tahun 2022.

Selain itu, lanjut Wisnu, Komandan Rees juga melaksanakan kunjungan ke Indonesia Maritime Information Center (IMIC) untuk berdiskusi mengenai usulan kerja sama dalam pertukaran informasi antara Bakamla RI dan ABF.

"Tentunya Laksda Bakamla Angga menerima dengan positif usulan tersebut dan mekanisme pertukaran informasi antara Bakamla RI dan ABF akan dibahas lebih lanjut," ujar Wisnu.

Dalam diskusi tersebut, kedua belah pihak setuju untuk meningkatkan kecepatan dalam berbagi informasi, salah satunya dengan pertukaran nomor kontak hotline.

Ada pula pembahasan mengenai rencana kerja sama terkait dengan peningkatan kapasitas dan kapabilitas Bakamla RI dan ABF.

Komandan Rees, kata Wisnu, mengatakan bahwa ABF akan mendukung keinginan Bakamla RI untuk menjadi lebih mandiri.

"Hal tersebut berhubungan dengan Pusat Latihan Maritim Bakamla RI di Batam yang saat ini masih dalam pembangunan," kata dia.

Sejumlah pejabat Bakamla RI ikut pula hadir dalam pertemuan ini, di antaranya Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Purwanto Djoko, Direktur Latihan Laksma Bakamla Suwito, Direktur Data dan Informasi Laksma Bakmla Enjud Darojat, dan Kasubdit Dukungan Latihan Kolonel Bakamla Ade Prasetia.

Di samping itu, juga ada Kasubdit Penyelenggara Latihan Kolonel Bakamla Anang, Kepala Bagian Kepegawaiaan Kolonel Bakamla Joko Susilo beserta beberapa jajaran Direktorat Kerja Sama Luar Negeri, Direktorat Data dan Informasi, serta Bagian Kepegawaian Bakamla RI.

Baca juga: Jepang kembali berencana hibahkan kapal patroli untuk Indonesia

Baca juga: Bakamla RI dan MSC Singapura kerja sama atasi tumpahan minyak

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022