Jakarta (ANTARA) - Sejumlah bintang kenamaan pada Minggu (15/5) waktu setempat turut menghadiri pertunjukan kuda atau Royal Windsor Horse Show jelang perayaan Platinum Jubilee yang menandai 70 tahun tahta Ratu Elizabeth II.

Bintang-bintang termasuk aktor Hollywood Tom Cruise, aktor Inggris Helen Mirren, dan penyanyi Gregory Porter yang tampil di acara itu.

"Dia seorang perempuan yang sangat saya kagumi. Menurut saya, dia seseorang yang memiliki martabat yang luar biasa dan saya mengagumi pengabdiannya. Apa yang dia capai sangat bersejarah,” kata Cruise sebelum acara, dikutip dari Reuters pada Senin.

Ratu yang berusia 96 tahun itu pada Minggu mengenakan selendang abu-abu. Ratu Elizabeth dikawal oleh dua petugas Angkatan Kepolisian Kerajaan Kanada saat ia turun dari mobil Range Rover menuju tribun penonton di halaman Kastil Windsor. Kedatangan Ratu disambut dengan sorak-sorai dari para pengunjung.

Baca juga: Bangsawan Eropa berkumpul peringati kematian Pangeran Philip
 
Ratu Inggris Elizabeth tiba untuk perayaan "A Gallop Through History Platinum Jubilee" dalam acara Royal Windsor Horse Show di Kastil Windsor Castle, Inggris, 15 Mei 2022. (Steve Parsons/Pool via REUTERS)


Ratu telah menghadiri setiap acara Royal Windsor Horse Show sejak 79 tahun yang lalu. Hal itu mencerminkan minat besarnya pada pacuan dan pembiakan kuda. Sebuah foto ulang tahun Ratu yang ke-96 pada April, memperlihatkan dirinya bersama dengan dua kuda poni.

Ratu Elizabeth muncul di depan publik hanya beberapa kali setelah dirawat di rumah sakit pada Oktober lalu. Penyakit Ratu tidak disebutkan dan dokter pribadi menyarankannya untuk istirahat.

Sejak saat itu ia melakukan tugas secara jarak jauh atau secara langsung di rumahnya di Kastil Windsor. Sang Ratu juga tidak menghadiri pembukaan parlemen negara bagian pada minggu lalu.

Pada Minggu, Ratu menggunakan lift kecil untuk membantunya turun dari mobil ke tempat duduknya, menurut seorang reporter televisi ITV yang menyiarkan acara tersebut.

Pertunjukan kuda menjadi tanda dimulainya perayaan puncak Platinum Jubilee selama empat hari mulai 2 Juni. Ratu juga telah menghadiri pertunjukan kuda pada Jumat (13/5).

Baca juga: Ratu Elizabeth hadiri "Horse Show" setelah lewati pembukaan parlemen

Baca juga: Dokumenter Ratu Elizabeth tayang perdana jelang Platinum Jubilee

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle akan hadiri perayaan Ratu Elizabeth

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022