Jayapura (ANTARA News) - Santa Claus turut meramaikan suasana Kota Jayapura jelang perayaan Natal 25 Desember, dengan mengunjungi anak-anak dari berbagai wilayah di ibu kota Provinsi Papua itu, Minggu.

Kunjungan Santa Claus yang diperankan dan diperagakan oleh sejumlah pemuda dari berbagai denominasi gereja yang ada di wilayah tersebut telah dimulai sejak awal Desember.

Mereka berkeliling kota mengunjungi sejumlah anak-anak dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.

Dan hal ini pun mejadi tontonan menarik bagi warga kota Jayapura dan sekitarnya, apa lagi konvoi kendaraan yang digunakan oleh para Santa Claus yang ditemani oleh peri/bidadari itu dihiasai dengan pernak-pernik Natal, terkadang kemacetan pun terjadi.

Hadirnya Santa Claus dkk ini turut menyemarakan suasana jelang perayaan Natal di wilayah tersebut.

Salah satu penyelenggara pesta Santa Claus Pemuda dan Remaja Gereja Marthen Luther, mengatakan tradisi mengunjungi anak-anak sudah menjadi ciri khas umat Nasrani jelang perayaan Natal, walaupun hadiah yang dibagikan berupa permen, coklat dan biskuit.

"Kami tak hanya membagikan hadiah saja tetapi pesan Natal dan nasihat kepada semua anak agar menjadi lebih baik," kata James salah seorang pemuda Gereja Marthen Luther.

Menurut ia, pesta Santa itu sendiri, dibuat dengan mengambil dasar dari tradisi bagi-bagi hadiah untuk anak-anak manis di seluruh dunia yang dilakukan oleh Santo Nikolaus dari Kota Mira Roma yang selalu memberikan hadiah bagi anak-anak menjelang Natal.

"Tradisi tersebut akhirnya digelar oleh hampir semua organisasi gereja menjelang Natal untuk memeriahkan perayaan hari sukacita tersebut, serta menjadi salah satu cara untuk mengingatkan anak-anak sangat perlu menjadi baik," katanya.

Ia katakan, tradisi Santa Claus bukan hanya digelar oleh organisasi pemuda dan remaja di Gereja, tetapi sudah dilakukan juga oleh berbagai kelompok masyarakat dengan berbagai variasi acara, dan kejutan unik yang akan diberikan.

Bahkan pusat perbelanjaan dan sejumlah instansi pemerintah juga menggelar tradisi ini.

Sejak awal Desember, suasana kota Jayapura pada sore hari sudah ramai dengan konvoi keliling Santa Claus bersama Pit Hitam yang berpakaian serta berkulit hitam legam dan menenteng karung untuk memberikan kejutan kepada seluruh anak yang mau dikunjungi.

"Kunjungan Santa Claus dilakukan di setiap perumahan warga," ujarnya. (ANT-185)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011