Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengatakan, koordinasi antara para penegak hukum dan instansi pemerintah perlu diperkuat untuk memberantas mafia hukum.

"Seminar antarpenegak hukum saya hargai untuk meningkatkan koordinasi dalam memberantas mafia hukum," kata Wakil Presiden Boediono saat membuka seminar refleksi dua tahun pemberantasan mafia hukum di Jakarta, Rabu.

Wapres Boediono mengatakan, koordinasi dan dukungan antarlembaga diperlukan dalam pemberantasan mafia hukum. Tanpa kerja sama dan koordinasi, pemberantasan mafia hukum hanya akan menjadi angan-angan.

"Saya mengharapkan kerja sama yang baik antara instansi eksekutif maupun intansi bidang hukum bisa dibuat saling berkomunikasi untuk kerja sama pemberantasan mafia hukum," katanya.

Wapres juga memberikan penghargaan kepada Satuan Tugas Pemberantasan mafia hukum atas kinerja yang telah dilakukan, serta usaha untuk terus mendorong koordinasi antarlini penegak hukum dan jajaran eksekutif.

"Satgas telah melaksanakan tugasnya dengan baik, upaya menangani mafia hukum dengan sistemik," kata Wapres.

Wapres menambahkan, upaya-upaya untuk mengatasi berbagai hambatan pemberantasan mafia hukum masih perlu dilanjutkan.

Menurut Wapres, rencana aksi dalam pemberantasan mafia hukum dan korupsi pada 2012 juga tengah dipersiapkan.

Ia mengharapkan perbaikan sistem dalam pemberantasan mafia hukum dapat terus dijalankan.

Sementara itu, dalam seminar tersebut, Ketua Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, selama dua tahun ini, Satgas terus berupaya memperkokoh koordinasi antarinstitusi penegak hukum.(M041/N002)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011