Yogyakarta (ANTARA News) - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta mulai meningkatkan pengamanan di seluruh gereja yang ada di wilayah ini menjelang perayaan hari Natal 2011.

"Sebenarnya pengamanan ini tidak hanya dilakukan menjelang hari Natal saja, namun sudah dilakukan secara rutin melalui polsek-polsek yang di wilayahnya terdapat gereja," kata Kepala Divisi Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) AKBP Anny Pudjiastuti, Sabtu.

Menurut dia, setiap polsek wajib melakukan patroli keamanan secara rutin di setiap gereja untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan.

"Sedangkan masing-masing satuan wilayah, yakni polres-polres wajib mengkoordinasikan tiap-tiap polsek dalam pengamanan gereja ini. Jadi polres wajib mengontrol tiap-tiap polsek yang patroli keamanan di gereja," katanya.

Ia mengatakan, menjelang perayaan Natal ini memang pengamanan rutin ini lebih ditingkatkan lagi dan nanti akan ada operasi keamanan khusus dengan sandi "Lilin Progo 2011".

"Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru ini akan ada operasi keamanan `Lilin Progo` yang akan mulai pada 23 Desember 2011 hingga 3 Januari 2012," katanya.

Anny mengatakan, gelar pasukan untuk kesiapan pengamanan operasi "Lilin Progo 2011" ini akan dilakukan pada 23 Desember 2011 yang akan diikuti di seluruh satuan wilayah.

"Dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru ini Polda DIY akan menerjunkan kekuatan penuh dari seluruh satuan fungsi Polri yang ada," katanya.

Ia mengatakan, prioritas pengamanan memang di sejumlah gereja besar di DIY yang banyak dihadiri umat Kristiani dalam perayaan misa maupun kebaktian Natal.

"Pagi hari sebelum digunakan untuk perayaan Natal, gereja-gereja tersebut juga akan dilakukan sterilisasi untuk mengantisipasi segala kemungkinan dan mencegah gangguan keamanan," katanya. (V001/S023)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011