Kalianda, Lampung (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni memprediksikan penumpang libur akhir tahun bertepatan dengan Natal dan Tahun Baru 2012 meningkat hingga 30 persen.

"Peningkatan penumpang Merak-Bakauheni kami prediksikan akan meningkat antara 20 sampai 30 persen," kata Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Bakauheni, Yanes Lentenga, di Bakauheni, Sabtu.

Ia mengatakan, penumpang meningkat akan mulai terjadi dari akhir pekan ini karena anak sekolah sudah libur sampai tahun baru 2012 bertepatan dengan akhir liburan sekolah.

Kemudian, peningkatan penumpang akan terjadi dari Merak-Bakuaheni atau sebaliknya terutama pada usai perayaan tahun baru nanti.

"Peningkatan penumpang kemungkinan sekitar 6.000 per hari dari 3.000 sampai 4.500 penumpang per hari pada saat normal," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan diri untuk mengoptimalkan layanan penyeberangan agar berlangsung aman dan lancar dari kedua pelabuhan itu atau Jawa-Sumatera dan sebaliknya.

Ia menyebutkan, kapal yang disiapkan untuk melayani penyeberangan penumpang liburan akhir tahun ini sebanyak 30 kapal feri dan empat kapal lainnya sedang dalam perbaikan atau `docking`.

Namun, kapal akan beroperasi menyesuaikan dengan kebutuhan penumpang karena jika kapal terlalu banyak beroperasi akan menghambat kelancaran bongkar-muat penumpang dan kendaraan.

"Kami harap penyeberangan penumpang kapal berjalan lancar," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga mewaspadai jika terjadi cuaca buruk melanda perairan Selat Sunda karena membahayakan penumpang.

Namun, sampai saat ini penyeberangan masih lancar meskipun di perairan Selat Sunda kerap berawan dan hujan bersamaan dengan masuknya musim penghujan.

Yanes menambahkan, kapal cepat akan beroperasi menyesuaikan dengan kondisi cuaca karena lebih rawan terhadap guncangan jika gelombang tinggi dan pandangan nahkoda terganggu jika hujan.
(ANT-048/T013)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011