Banyak industri lain di Indonesia yang perlu kita dukung. Jadi pengembangan SDM (sumber daya manusia) nyambung dengan SDA (sumber daya alam), sehingga industri kita menjadi yang membanggakan industri nasional
Jakarta (ANTARA) - Direktur Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Dwi Larso mengatakan LPDP terus menyalurkan beasiswa untuk pengembangan industri.

"Banyak industri lain di Indonesia yang perlu kita dukung. Jadi pengembangan SDM (sumber daya manusia) nyambung dengan SDA (sumber daya alam), sehingga industri kita menjadi yang membanggakan industri nasional," kata Dwi dalam webinar terkait beasiswa bidang metalurgi di Jakarta, Rabu.

LPDP pun mendukung program pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi yang menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa yang hendak mempelajari metalurgi di Central South University, China.

Asisten Deputi Bidang Industri Maritim dan Transportasi Kemenko Marves Firdaus Manti mengatakan beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa yang akan mempelajari hidrometalurgi.

"Saat ini pemerintah sedang menggiatkan untuk mengadakan utilisasi bidang energi khususnya mineral, sehingga kita memerlukan ahli-ahli di bidang hidrometalurgi, terkait dengan pengembangan baterai, khususnya untuk kendaraan listrik," katanya.

Adapun pendaftaran beasiswa S2 ini dibuka sejak 20 Mei sampai 5 Juni 2022 mendatang untuk 50 mahasiswa yang akan memulai perkuliahan pada September 2022.

Lulusan Diploma 4 dan sarjana dari program studi kimia, teknik kimia, fisika, material science, teknik material, metalurgi, teknik pertambangan, dan bidang lain yang relevan bisa mendaftar.

Sebelumnya beasiswa ini telah dibuka untuk pertama kali pada 2019 dengan masa pendidikan sampai 2022.

Adapun terdapat dua program yang dapat dipelajari yakni new energy material untuk merancang material baru sebagai bahan baku kendaraan listrik, dan comprehensive utilization of resources yang mempelajari dan merancang teknologi proses daur ulang yang komprehensif dan ramah lingkungan.

Baca juga: LPDP kelola dana abadi pendidikan hingga Rp120 triliun di Juli 2022
Baca juga: Konjen RI harap lulusan karyasiswa LPDP siap bangun negeri
Baca juga: Asosiasi dukung penerima beasiswa LPDP Kemenkeu wajib kembali ke RI


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022