Ternate (ANTARA News) - Ketua Majelis Jemaat Imanuel, Pendeta Rahabaet, mengimbau umat Kristiani di Ternate dan daerah lainnya di Maluku Utara, untuk meningkatkan kepedulian sosialnya kepada sesama, termasuk kepada para korban erupsi Gunung Gamalama di Ternate.

Imbauan tersebut disampaikan Pendeta Rahabaet saat memimpin misa ibadah Natal di Gereja Protestan Maluku Imanuel Ternate yang dihadiri ribuan umat Kristiani di daerah ini, Minggu.

Dia juga mengimbau kepada umat Kristiani di daerah ini untuk melaksanakan semua perintah Tuhan, terutama mengenai pentingnya menjaga kedamaian dan ketentraman di dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya juga mengharapkan umat Kristiani juga harus mengintropeksi diri, apakah selama 2011 ini selalu melakukan kebaikan dan ternyata belum maka pada 2012 mendatang harus lebih mengingkatkan perbuatan kebaikan," katanya.

Sementara itu, Pendeta Manius Mandagi saat memimpin Misa Ibadah Natal di Gereja Katolik Ternate mengharapkan kepada umat Kristiani di daerah ini untuk terus mencontoh Tuhan Yesus dalam melakukan berbagai pengorbanan bagi kebaikan umat manusia.

"Umat Kristiani yang kebetulan mengalami masalah, baik berupa sakit atau kegagalan dalam berusaha jangan berputus asa, tetapi mintalah kepada Tuhan untuk menyelesaikannya, karena cara itu pasti akan membuahkan hasil," ujarnya.

Misa Ibadah Natal di kedua gereja tersebut, termasuk di semua gereja lainnya berlangsung aman, namun demikian aparat Kepolisian setempat terlihat melakukan penjagaan di setiap gereja itu.

Sejumlah organisasi massa, seperti GP Anshor Malut juga menurunkan anggotanya untuk membantu pengamanan dalam pelaksanaan misa Ibadah Natal di semua gereja di daerah ini.

Ketua GP Anshor Malut, Salim Thaib mengatakan, mereka melakukan hal tersebut sebagai salah satu bentuk partisipasi dalam upaya mewujudkan solidaritas antar umat beragama di daerah ini.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Malut AKBP Ramli mengatakan, Polda Malut menurunkan sebanyak 1325 personel untuk mengamankan pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru di Malut. (KR-AF)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011