Ditargetkan ITH akan mulai beroperasi di Belanda bekerja sama dengan pembukaan warehouse Four Trade BV pada Desember 2022
Jakarta (ANTARA) - Kadin menjajaki pembukaan Indonesia Trading House/ITH di Belanda dan negara sekitarnya dalam upaya mempromosikan berbagai produk UMKM Indonesia agar bisa lebih dikenal dan mampu menerobos ke pasar di wilayah tersebut.

"Ditargetkan ITH akan mulai beroperasi di Belanda bekerja sama dengan pembukaan warehouse Four Trade BV pada Desember 2022," kata Wakil Ketua Umum (WKU) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Perhubungan Denon Prawiraatmaja dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Hal itu dikemukakan Denon yang ikut sebagai anggota delegasi KADIN - B20 Indonesia saat melakukan kunjungan dan pertemuan bisnis ke Eropa, termasuk ke negeri Belanda.

Dalam pertemuan di Belanda yang dilakukan di Belanda beberapa hari lalu, kata Denon, dihadiri di antaranya oleh Fahad Atamimi selaku CEO Four Trade BV yang telah melakukan impor ratusan ton produk Indonesia ke Belanda, Johan Lubbe Bakker selaku Ketua Benelux Indonesia Association dan Faty Khusumo dari salah satu perusahaan logistik.

Diakui oleh Denon, banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk mewujudkan hal tersebut, namun seluruh pihak sepakat untuk bekerjasama membantu dengan kapasitas masing-masing guna memajukan UMKM Indonesia.

"Berdirinya ITH di Belanda diharapkan menjadi sebuah inisiatif yang dapat mengkonsolidasikan sekitar 1,7 juta diaspora Indonesia di Belanda yang untuk bersama-sama membentuk Indonesia Incorporated sehingga merek Indonesia semakin menguat dan membuka peluang perluasan pangsa pasar produk Indonesia di negeri Belanda dan Eropa," katanya.

Delegasi KADIN - B20 Indonesia terdiri dari Koordinator WKU III Bidang Maritim, Investasi dan Luar Negeri Shinta W. Kamdani dan Koordinator WKU IV Bidang Peningkatan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi Carmelita Hartoto selaku WKU Koordinator Kadin Indonesia, WKU Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Joseph Pangalila dan Denon Prawiraatmaja bersama dengan beberapa Ketua komite tetap dan bilateral Kadin Indonesia.

Baca juga: KADIN kunjungi gudang produk Indonesia milik diaspora di Belanda

Baca juga: Roadshow B20, KADIN cari mitra untuk Indonesia Trading House Belanda

Baca juga: Kadin rangkul Huawei bangun ekosistem nol karbon Indonesia

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022