Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA:
Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (31/5), mulai dari Mendagri sampaikan pandangan Pemerintah soal materi lima RUU Provinsi, hingga Jokowi bertolak ke Ende akan pimpin upacara Hari Lahir Pancasila.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA:


Mendagri sampaikan pandangan pemerintah soal materi lima RUU provinsi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan pandangan pemerintah atas materi dan muatan lima rancangan undang-undang (RUU) provinsi yang merupakan usul dari DPR RI.

"Pemerintah pada prinsipnya meminta agar tidak memperluas pembahasan lima RUU ini di luar perubahan dasar hukum," kata Mendagri Tito Karnavian dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (31/5).

Selengkapnya baca di sini.


Kasad dukung penyelenggaraan Kongres Ulama Perempuan Indonesia

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendukung penuh penyelenggaraan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI).

Kasad mengatakan hal itu saat menerima kunjungan perwakilan pengurus KUPI di Ruang Kerja Kasad, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Selasa (31/5).

Selengkapnya baca di sini.


KASN prediksi pelanggaran netralitas ASN di Pilkada 2024 meningkat

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto, memprediksikan adanya peningkatan pelanggaran netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024.

"Berdasarkan hasil pengawasan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, diprediksikan angka pelanggaran netralitas ASN akan lebih besar karena semua provinsi dan kabupaten/kota mengikuti Pilkada Serentak 2024," kata dia, saat memberikan sambutan dalam acara penandatangan nota kesepahaman antara KASN dan Ombudsman, di Kantor Ombudsman, Jakarta, Selasa (31/5).

Selengkapnya baca di sini.


Anggota DPR dukung KPU tentukan masa kampanye Pemilu 2024

Anggota Komisi II DPR RI Anwar Hafid mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) menentukan masa kampanye Pemilu 2024 karena lebih paham dalam pelaksanaan tiap tahapannya.

Dia menjelaskan saat rapat konsinyering Komisi II DPR pada 13-15 Mei diusulkan agar masa kampanye tidak lama karena dikhawatirkan pembelahan di masyarakat semakin meruncing dan untuk efisiensi.

Selengkapnya baca di sini.


Jokowi bertolak ke Ende akan pimpin upacara Hari Lahir Pancasila

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Nusa Tenggara Timur pada Selasa (31/5) dengan agenda kunjungan kerja memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 yang digelar Rabu (1/6).

Jokowi bersama rombongan terbatas lepas landas dengan menggunakan pesawat terbang RJ-85 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 13.30 WIB.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022