E-Sport

PBESI beri bonus kepada 30 atlet esport peraih medali SEA Games

PBESI beri bonus kepada 30 atlet esport peraih medali SEA Games

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 atlet esport Indonesia peraih medali SEA Games Vietnam di Jakarta, Kamis (2/6/2022). (ANTARA/HO-PBESI)

Namun, PBESI bertekad prestasi di kancah antarbangsa tersebut harus terus meningkat di masa-masa mendatang
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 atlet esport Indonesia peraih medali emas, perak dan perunggu pada SEA Games Vietnam.

Mereka adalah para atlet peraih medali emas dari nomor Free Fire dan PUBG Mobile Beregu, medali perak dari nomor PUBM Mobile Solo, Free Fire dan Mobile Legends: Bang Bang, serta medali perunggu dari nomor Cross Fire.

Apresiasi antara lain berupa piagam penghargaan, serta bonus uang senilai Rp2.252.700.000 untuk seluruh peraih medali emas, Rp1.234.200.000 untuk seluruh peraih medali perak dan Rp335.000.000 untuk seluruh peraih medali perunggu.

Baca juga: Tim PUBG Mobile Indonesia kemas emas SEA Games

Ketua Umum PBESI Budi Gunawan menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian yang berhasil ditorehkan oleh para atlet esport yang disebutnya sebagai para pejuang yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah antarbangsa.

"Atas nama PBESI, kami sampaikan selamat atas prestasi gemilang para atlet esports yang berlaga berjuang atas nama bangsa dan negara, Indonesia, di ajang SEA Games Hanoi 2021. Rasa haru dan bangga yang kami rasakan sulit untuk kami wujudkan dalam bentuk kata-kata," kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis.

"Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada segenap pengurus PBESI, para pelatih, Badan Tim Nasional, serta tim yang terlibat langsung dalam mendukung performa para atlet Tim Nasional Esports Indonesia."

Ketua Umum PBESI berharap apresiasi dan penghargaan yang disampaikan kepada para atlet peraih medali dapat makin memacu pencapaian prestasi yang lebih baik lagi di masa depan. Dia juga berpesan agar para atlet terus meningkatkan intensitas latihannya guna prestasi yang lebih baik.

"Pelajari betul apa yang masih menjadi kelemahan dan kekurangan, sebagai landasan evaluasi strategis untuk pencapaian prestasi internasional yang makin meningkat di masa mendatang," ujar Budi.

Baca juga: Timnas Mobile Legends bawa pulang perak SEA Games Vietnam

"Training Center atau pemusatan pelatihan yang terprogram dan berkelanjutan dapat menjadi pertimbangan bagi PBESI agar Tim Nasional Esports senantiasa siap dalam menghadapi setiap laga dan turnamen yang telah diagendakan."

Budi Gunawan juga mengingatkan bahwa sebagai cabang olahraga baru, terdapat tantangan berupa solidaritas dan sinergitas. Dia berharap, dengan sinergi yang solid dari berbagai asosiasi dan juga ekosistem esport Indonesia, Indonesia akan menjadi kekuatan esport yang disegani di kancah dunia.

"Tahun ini, kita masih memiliki beberapa agenda turnamen yang harus kita ikuti dan kelola, di antaranya adalah Kejuaraan Dunia Esports yang akan berlangsung di Bali, Liga Nasional dan Piala Presiden. Target PBESI adalah sukses dalam prestasi, serta sukses sebagai penyelenggara," ucap Ketua Umum PBESI.

Sementara itu, dalam sambutan pembukaan, Wakil Ketua Umum sekaligus Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo menginformasikan bahwa dari 38 atlet esport yang berlaga di SEA Games Vietnam, 30 atlet di antaranya berhasil membawa pulang medali.

"Pencapaian dua medali emas, tiga perak dan satu perunggu, serta menempati peringkat kedua perolehan medali secara keseluruhan dari cabang olahraga esport SEA Games Hanoi 2021 di bawah tuan rumah Vietnam merupakan pencapaian yang membanggakan," kata Bambang.

Baca juga: Tim Free Fire Indonesia sumbang emas dan perak di SEA Games Vietnam

"Namun, PBESI bertekad prestasi di kancah antarbangsa tersebut harus terus meningkat di masa-masa mendatang. Prestasi ini tidak lepas dari dukungan luar biasa dari Ketua Umum PBESI, sponsor, segenap pengurus PBESI, serta para keluarga atlet dengan dukungan moril yang tidak pernah berhenti."

Berikut daftar atlet esport peraih medali SEA Games Vietnam.

Peraih medali emas
• Tim Garuda – Free Fire: Ibnu Nasir Ramdani, Nur Ivaldi Fajar, Richard William Manurung, Shahin Taskhir, Victor Innosensius
• Tim Indonesia 2 – PUBG Mobile Beregu: Jason, Made Bagus Prabaswara, Muhammad Albi, Genta Effendi, Febrianto Genta Perkasa
Peraih medali perak
• Tim Rajawali – Free Fire: Agus Suparman, Muhammad Fikri Alief Pratama, Rafli Aidil Fitrah, Raihan Maghfur, Rhama Satria.
• PUBG Mobile Solo: Alan Raynold Kumaseh
• Mobile Legends: Bang Bang: Albert Neilsen Iskandar, Calvin, Rivadli Fatah, Gilang, Calvin Winata, Nicky Fernando Pontonuwu, Ihsan Besari Kusudana.
Peraih medali perunggu
• Cross Fire: Derry Alviano, Evan Jordan, Gian Kurnadi, Jason Adrian, Riddho Putra Muharam, Samuel Santosa, Yudi Kurniawan.

Baca juga: Indonesia pimpin klasemen sementara Free Fire, FIFA memulai SEA Games

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar